Spoiler.jpg

Spoiler Bukan Sekadar Mempercantik Tampilan Mobil

Selasa, 14 April 2020 16:00 | Galih Pratama

OTONEWS – Spoiler, komponen pada mobil ini sepertinya sudah tak asing lagi di telinga pencinta otomotif. Komponen ini memang sangat mudah kita jumpai di hampir seluruh mobil keluaran terbaru. Namun sayangnya, masih banyak yang mengira bahwa spoiler yang terpasang di mobil hanya diperuntukkan mempercantik tampilan kendaraan.

Padahal, selain soal estetika, spoiler memiliki fungsi lain yang cukup penting berkaitan dengan stabilitas gaya udara dan aerodinamika sebuah kendaraan. Melansir nissan.co.id, Selasa (14/4/2020), spoiler merupakan komponen pada mobil yang memengaruhi aerodinamika kendaraan. Spoiler berfungsi menambah downforce atau tekanan ke bawah pada mobil untuk mengurangi daya angkat yang timbul akibat kecepatan tinggi.

Daya angkat yang terjadi pada mobil mampu membuat mobil melayang dan tidak stabil saat melaju dalam kecepatan tinggi sehingga menyebabkan pengemudi kehilangan kontrol. Selain menambah tekanan bawah saat melaju kencang, spoiler juga mampu meningkatkan pengendalian mobil. Ini berkaitan dengan meningkatnya efek aerodinamis yang mempertahankan roda untuk tetap menempel di jalan.

[Baca Juga: Ada Tiga Tipe Kompon Ban Mobil, Mana yang Cocok Buat Harian?]

Mobil keluaran baru umumnya memang sudah dilengkapi spoiler. Namun, ada juga kendaraan yang belum disematkan komponen spoiler. Jika merasa membutuhkan, bisa ditambahkan sendiri komponen spoiler mobil yang diproduksi sebagai produk aftermarket.

Sebelum memasangnya, ada hal-hal yang perlu diperhatikan. Pemasangan spoiler sebaiknya berada di lokasi dan posisi yang tepat. Kesalahan dalam memasang spoiler dapat menahan laju angin kendaraan. Akibatnya, konsumsi bahan bakar menjadi lebih besar dan justru menjadi beban bagi mobil.

Biasanya, spoiler dipasang di bagian belakang mobil atau ditempelkan di atas pintu bagasi. Sedangkan bagi mobil yang tak mempunyai bagasi belakang, lazimnya spoiler dipasang di atap belakang atau berada tepat di atas kaca belakang.

[Baca Juga: Begini Cara yang Benar Merawat Kaca Film Mobil]

Selain itu, pemasangan spoiler pada bagian belakang mobil harus diimbangi juga dengan pemasangan spoiler di bagian depan dan samping. Pemasangan spoiler belakang saja dapat menyebabkan mobil bergerak tidak tentu arah dan terkadang mengubah haluan mobil ketika melaju kencang.

Memasang spoiler depan biasanya menempel pada bagian bemper, sedangkan spoiler samping berada tepat di bagian panel bawah pintu di sisi kiri dan kanan.

Artikel Lainnya

/media/images/Kia-Rio-Facelift-2.original.jpg

Kia Rio Facelift Kini Usung Mesin Hybrid Ringan

/media/images/Hyundai-Santa-Fe-Facelift.original.jpg

Hyundai Santa Fe 2021 Tak Sekadar Facelift