Driver Challenge Volvo.jpg

Sopir Truk Asal Kaltim Wakili Indonesia Kompetisi Volvo di Swedia

Jumat, 16 Agustus 2019 10:00 | Galih Pratama

Sebanyak 10 sopir terbaik dari seluruh Indonesia telah menyelesaikan putaran final Volvo Trucks Indonesia Driver Challenge 2019. Setelah melewati proses penilaian, Hermansyah dari PT Mandiri Herindo Adiperkasa, Kalimantan Timur (Kaltim) terpilih menjadi yang terbaik.

Atas capaian tersebut, Hermansyah akan mewakili Indonesia dengan melakukan perjalanan ke Gothenburg, Swedia pada November 2019 bersama dengan pemenang lainnya dari seluruh dunia.

“Saya merasa beruntung sekali, karena seluruh peserta yang ikut di putaran final ini adalah pengemudi-pengemudi yang memang andal dan berstatus terbaik di Indonesia,” kata Hermansyah dalam acara pengumuman pemenang Trucks Indonesia Driver Challenge 2019 di Restoran Talaga Sampireun, Ancol, Jakarta, Kamis (15/8/2019).

[Baca Juga: Perpres Mobil Listrik Resmi Diundangkan, Ini Rincian Isinya]

Sementara Bambang Prijono, CEO PT Wahana Inti Selaras (INDOMOBIL Grup) mengatakan ajang Volvo Trucks Indonesia Driver Challenge ini mengumpulkan berbagai tantangan yang biasa dihadapi pengemudi truk setiap hari.

“Keahlian mereka jadi faktor penentu bagi produktivitas dan profitabilitas perusahaannya, yang sekaligus menjadi pelanggan kami. Berdasarkan pengamatan kami, pengemudi lokal kita sangat mahir dalam melakukan tugasnya mengendarai truk,” ungkap Bambang.

Volvo.jpg

Dia melanjutkan, fokus utama kompetisi tahun ini adalah efisiensi bahan bakar dan keterampilan mengemudi. 10 finalis mengendarai dump truck Volvo FMX 400 6X4R dan FMX 480 6X4T semi-trailer dengan panjang lintasan sejauh 5 kilometer. Sedangkan lintasannya terbagi menjadi dua, yakni onroad dan offroad.

[Baca Juga: 3 Mobil Double Cabin Tangguh di Segala Medan]

“Pengemudi harus bermanuver menaklukkan sejumlah rintangan, dengan berfokus pada efisiensi bahan bakar. Dengan skill tersebut, diharapkan mereka bisa menekan cost perusahaannya, khususnya untuk bahan bakar. Sebab, 35 persen biaya operasional perusahaan berasal dari bahan bakar,” kata Bambang.

Sekadar informasi Volvo Trucks Indonesia Driver Challenge 2019 merupakan ajang yang digelar rutin oleh Volvo Truck Indonesia dan PT Wahana Inti Selaras. Kompetisi ini sudah berjalan sejak 2007 yang melibatkan sejumlah perusahaan di Tanah Air untuk mengangkat peran para sopir truk.

Artikel Lainnya

/media/images/Mazda-Bintaro.original.jpg

Resmi Dibuka, Segini Target Penjualan Mazda Bintaro

/media/images/BMW-The-New-Series-7.original.jpg

Sedan Mewah Terbaru BMW Seri 7