Solusi untuk AC Mobil Agar Kembali Dingin.jpg

Solusi untuk AC Mobil Agar Kembali Dingin

Senin, 28 Januari 2019 13:00 | Inggil Yustiar

Ada beberapa solusi yang mampu membuat AC pada mobil Anda kembali dingin. Selain rutin melakukan pengecekan pada AC mobil, Anda juga harus membawanya ke bengkel resmi jika AC mobil Anda rusak. Berikut beberapa solusi yang bisa Anda lakukan sendiri, agar AC kembali dingin atau setidaknya tidak terlalu panas.

[Baca Juga: 4 Tips Mudah Merawat Dasbor Mobil]

  1. Periksa Kondisi Kaca Film

Jika Anda pemilik mobil lawas, tentu teknologi pada kaca film mobil dulu berbeda dengan sekarang. Kurang dinginnya AC pada mobil lama, bisa terjadi karena daya tahan pada kaca film tersebut sudah berkurang. Terlebih saat siang hari di mana tidak mampu menahan sinar matahari yang panas, sehingga membuat hawa panas masuk ke mobil.

Solusi untuk AC Mobil Agar Kembali Dingin.jpg

Kaca film yang menempel pada mobil tua umumnya belum memiliki teknologi memantulkan panas. Yang ada hanya membuat ruang kabin terlihat gelap saja. Sehingga tidak adanya lapisan yang mampu mengurangi intensitas cahaya dari matahari masuk ke dalam kabin. Berbeda dengan kaca film pada mobil saat ini, yang sudah dibekali dengan teknologi anti-UV dan anti panas. Dengan begitu mampu meredam sinar matahari yang masuk ke dalam. Oleh karena itu bagi Anda empunya mobil lawas alangkah lebih baiknya untuk upgrade kaca film mobil Anda, agar AC mobil terasa dingin saat siang hari.

2. Bersihkan Evaporator

Sebagai salah satu komponen utama pada AC mobil. Komponen ini memiliki bentuk kotak dan fungsinya untuk menurunkan suhu udara, agar suhu tetap dingin. Sehingga jika terjadi pengendapan kotoran maka proses pendinginan udara juga tidak akan maksimal. Tidak hanya itu saja bau udara yang dikeluarkan pada AC mobil akan berbau apek.

Solusi untuk AC Mobil Agar Kembali Dinginjpg

Hembusan pada blower sendiri juga terasa semakin melemah. Salah satu solusi agar tidak sampai terjadi hal tersebut, Anda bisa menjaga kebersihan pada udara kabin dan karpet mobil. Tidak lupa juga Anda jangan merokok dalam mobil, karena abu pada rokok akan masuk dan membuat evaporator menjadi kotor. Anda juga dapat menggunakan cairan pembersih evaporator AC mobil yang banyak dijual di pasaran.

3. Jangan Parkir di Bawah Terik Matahari

Meskipun terlihat sepele, ternyata jika keterusan menyebabkan AC mobil Anda akan cepat rusak. Sebab jika terlalu lama parkir mobil di bawah terik matahari, kompresor AC dan freon AC akan ikut panas. Feon yang terlalu sering mendapatkan panas matahari akan kehilangan kualitas pendinginnya, begitu juga dengan kompresor AC mobil yang semakin lama akan semakin kehilangan perfomanya.

Solusi untuk AC Mobil Agar Kembali Dingin.jpg

Untuk mencegah hal tersebut, Anda disarankan untuk membeli sarung atau cover mobil. Dengan mempunyai sarung tersebut maka Anda tidak perlu khawatir ketika tidak kebagian tempat parkir. Sarung untuk penutup mobil sendiri mamup menyerap panas dengan baik. Selain untuk melindungi mobil dari terik matahari, mobil Anda pun juga mendapat perlindungan dari hujan.