Solusi Pedal Gas Mobil yang Tersangkut.jpg

Solusi Pedal Gas Mobil yang Tersangkut

Kamis, 24 Januari 2019 23:00 | Inggil Yustiar

Aktivitas berkendara di jalanan merupakan kegiatan yang penuh dengan risiko. Sebab saat berkendara dapat terjadinya kecelakaan, baik karena faktor internal maupun eksternal yang bisa terjadi kapan saja. Faktor eksternal sendiri yaitu, para pengguna jalan dan kondisi jalan saat berkendara. Sedangkan faktor internal sendiri adalah pengendara dan masalah pada mobil sendiri. Salah satunya karena kasus pedal gas mobil yang tersangkut.

Saat berkendara dengan laju mobil yang kencang, sangat mungkin terjadinya pedal gas yang tersangkut. Dalam situasi tersebut, banyak yang beranggapan untuk tidak menarik rem tangan, serta jangan matikan mesin. Sebaiknya, pindahkan gigi atau persneling ke netral dan injak rem.

Dilansir dari liputan6.com, menurut Pendiri sekaligus Instruktur Jakarta Defensive Consulting (JDDC), Jusri Palubuhu menerangkan bahwa kondisi tersebut merupakan situasi darurat. Saat terjadinya pedal gas yang tersangkut berbeda dengan kondisi saat rem blong, hal ini karena tindakannya lebih kritis. Ketika terjadinya situasi ini, sebaiknya Anda untuk tetap tidak panik, dan tidak bertindak gegabah.

“Langkah pertama, yang harus dilakukan jangan panik. Kenapa? Karena ketika panik, maka semua referensi atau semua yang sudah terpikirkan akan terlupakan,” ujar Jusri Palubuhu seperti yang dilansir liputan6.com (26/6/2018).

Solusi Pedal Gas Mobil yang Tersangkut.jpg

Bagi Anda yang tengah melaju dengan kencang, jangan melakukan tindakan menarik rem tangan. Sebab hal tersebut bisa membuat roda belakang terkunci dan membuat mobil berputar. “Dalam situasi mobil melaju kencang, jangan tarik rem tangan, karena roda belakang akan mengunci dan menghadirkan masalah baru, yaitu mobil bisa berputar,” tambah Jusri.

Lalu bagaimana jika pedal gas benar-benar tidak bisa kembali ketika Anda sedang melaju? Dalam siaran National Geographic saat situasi tersebut, ada tiga pilihan yang bisa Anda lakukan agar bisa berhenti dengan aman. Ketiga pilihan tersebut adalah, emergency brake (rem tangan), kedua memindahkan gigi transmisi ke posisi netral, dan opsi terakhir yaitu mematikan mesin

Solusi Pedal Gas Mobil yang Tersangkut.jpg

Ketiga pilihan diatas tentu harus dilakukan dengan pemahaman yang benar, karena beberapa orang akan sulit melakukannya. Yang harus Anda sadari pertama kali adalah tipe mobil apa yang Anda kendarai. Jika bertransmisi manual, Anda bisa dengan mudah mengatasi masalah itu dengan menginjak pedal kopling. Sebab mobil akan meraung tapi tenaga tidak tersalurkan, dan rem bisa digunakan sambil tetap menginjak pedal kopling.

Pada transmisi otomatis, Anda harus coba memindahkan tuas transimis ke posisi netral. Hal tersebut akan menjadi pilihan terbaik. Pilihan lainnya, adalah menarik rem darurat, namun hal tersebut tidak dianjurkan bagi Anda yang belum ahli dalam berkendara mobil. Opsi terakhir Anda bisa langsung mematikan mesin mobil dan setelahnya Anda harus menetralkan gigi.

Solusi Pedal Gas Mobil yang Tersangkut.jpg