Solusi Mudah Bersihkan Jamur pada Kaca Mobil.jpg

Solusi Mudah Bersihkan Jamur pada Kaca Mobil

Kamis, 31 Januari 2019 12:00 | Inggil Yustiar

Sebagai pemilik mobil tentu sudah tahu risiko dalam merawat kendaraan roda empat tersebut. Atau sederhananya, mobil yang dipakai terus menerus pasti akan mengalami berbagai masalah. Mulai dari masalah interior hingga eksterior mobil, pasti ada saja masalahnya. Risiko ini akan meningkat jika mobil Anda sering terkena air hujan atau panas matahari.

Salah satu komponen yang harus diperhatikan ialah kaca mobil. Kaca mobil memiliki fungsi sebagai pelindung dari panas dan hujan. Bahkan, komponen ini juga menjadi faktor keamanan pemilik mobil. Sering terkena panas dan hujan, dapat membuat jamur pada kaca mobil Anda. Sehingga tampilan kaca mobil tidak bagus seperti awal lagi. Jamur pada kaca mobil juga dapat mengganggu Anda saat berkendara.

[Baca Juga: Tips Mudah Atasi Kaca Berembun Saat Hujan]

Bagaimana cara membersihkan jamur pada kaca mobil? Temukan jawabannya pada artikel otopedia.com yang diambil dari beberapa sumber berikut:

  1. Gunakan Pasta Gigi

Cara yang satu ini cukup mudah, Anda hanya perlu memakai pasta gigi di rumah. Pasalnya, kandungan zat yang terdapat di dalam pasta gigi dapat membantu dalam membersihkan jamur kaca mobil.

Gunakan sikat gigi.jpg

Untuk melakukannya pun Anda tinggal mengoleskan pasta gigi pada bagian kaca mobil kering yang terkena jamur, kemudian diamkan sejenak hingga mengering. Setelah kering, gosok perlahan dengan menggunakan sikat halus atau lap kanebo dengan air bersih.

2. Gunakan Alkohol

Gunakan Alkohol.jpg

Tidak hanya berguna untuk membersihkan luka, ternyata kandungan pada alkohol juga dapat Anda gunakan untuk membersihkan kaca mobil. Anda hanya perlu menyiapkan kapas atau lap kanebo serta alkohol. Cara pengaplikasiannya yaitu celupkan kapas atau lap ke dalam alkohol dengan kadar kurang lebih 50 persen, kemudian gosok secara perlahan pada kaca yang terkena jamur. Anda harus berhati-hati saat menggunakan alkohol, karena jika Anda menggosok dengan kencang justru membuat kaca mobil tambah rusak.

3. Gunakan Air Tembakau

Sering dianggap hal sepele, ternyata tembakau dapat digunakan sebagai pembersih jamur pada kaca mobil. Salah satu bahan yang digunakan untuk pembuatan rokok ini mempunyai kandungan zat sebagai pembunuh jamur.

Gunakan Tembakau.jpg

Untuk menggunakan cara ini cukup mudah. Anda hanya perlu segenggam tembakau, kemudian rendam pada air bersih dan tunggu 15 menit. Perhatikan air yang Anda gunakan. Pastikan tidak ada campuran lainnya alias murni air. Setelah 15 menit, siram air campuran tersebut pada kaca mobil yang berjamur, kemudian gosok hingga bersih. Jika dirasa cukup, kemudian siram dengan air dingin bersih dan keringkan dengan lap kering.

4. Gunakan Minuman Bersoda

Gunakan soda.jpg

Tidak hanya sebagai pelepas dahaga, minuman bersoda ternyata dapat membersihkan jamur pada kaca mobil. Kandungan pada air soda sendiri mengandung cairan penghilang jamur. Saat Anda ingin menggunakan cara ini, bersihkan terlebih dahulu kaca mobil Anda dengan kemoceng, lalu siram dengan air. Sebab, jika zat kimia pada air soda bercampur dengan air biasa dapat membuat kaca mobil Anda semakin berjamur. Setelah itu, siram kain bersih dengan minuman soda tersebut, kemudian gosok secara perlahan. Ulangi hal tersebut hingga dirasa cukup.