Solusi Memperbaiki Pintu Mobil yang Tidak Tertutup Rapat.jpg

Solusi Memperbaiki Pintu Mobil yang Tidak Tertutup Rapat

Jumat, 8 Februari 2019 15:00 | Inggil Yustiar

Salah satu permasalahan yang sering dialami oleh pemilik mobil ialah pintu mobil yang tidak tertutup rapat. Kasus ini kerap terjadi pada mobil yang berusia di atas lima tahun. Penyebabnya sendiri beragam, mulai dari pengait hingga karet pintu yang sudah rusak termakan usia. Selain itu dalam penggunaannya sendiri, ketika Anda sering membanting pintu dengan keras dan menggantungkan pintu mobil. Maka tidak menutup kemungkinan pintu mobil dapat rusak.

Kerusakan pada pintu yang tidak tertutup rapat dapat dilihat dari posisi pintu yang kurang sempurna. Penyebabnya ialah engsel pintu mobil yang telah mengalami keausan, sehingga presisinya menurun.

Solusi Memperbaiki Pintu Mobil yang Tidak Tertutup Rapat.jpg

Menurut Fahmi pebengkel Fahmi Jaya Motor di Bekasi seperti yang dilansir medcom.id (9/3/2018) “Masalah pintu yang tidak bisa menutup dengan sempurna harus segera diperbaiki, karena dikhawatirkan akan merembet ke komponen lainnya.”

Untuk mengatasi masalah tersebut terdapat tiga cara:

Pertama, Anda periksa bagian pengait pintu mobil yang berfungsi mengait jangkar saat ditutup. Pada saat pintu mobil yang sering ditutup dengan cara dibanting terlalu keras, membuka doorlock akan cepat aus. Sehingga air dapat masuk ke doorlock dan membuat komponen tersebut berkarat. Cara mengatasinya sendiri dengan membuka handel pintu terlebih dahulu. Perhatikan apakah ada pengait yang terlepas atau patah. Jika pengait hanya kotor karena karat, Anda bisa bersihkan namun jika memang sudah parah mau tidak mau Anda harus menggantinya dengan yang baru.

Solusi Memperbaiki Pintu Mobil yang Tidak Tertutup Rapat.Jpg

Kedua, periksa engsel pintu. Permasalahan pada pintu mobil yang tidak rapat biasanya terjadi karena usia mobil yang sudah terlalu tua. Sehingga membuat engsel menjadi keropos dan aus, dan tingkat presisinya sendiri menurun. Cara mengatasinya sendiri, Anda perlu melakukan penyetelan ulang pintu.

Ketiga, mengecek pada bagian karet pintu. Masalah karet pintu mobil yang mengeras biasa terjadi karena dimakan usia. Untuk mengatasi hal tersebut Anda perlu menggantinya dengan yang baru. Ukuran pada pintu bagian depan sendiri biasanya membutuhkan sekitar empat meter. Alangkah baiknya, jika Anda mengganti karet tersebut dengan yang orisinil, agar lebih awet.

Solusi Memperbaiki Pintu Mobil yang Tidak Tertutup Rapat.jpg

[Baca Juga: Tips Mudah Atasi Kaca Berembun Saat Hujan]