Mazda CX-30.jpg

Simak 4 Kelebihan Mazda CX-30 yang Diimpor Utuh dari Jepang

Selasa, 28 Januari 2020 17:00 | Galih Pratama

OTONEWS – PT Eurokars Motor Indonesia (EMI), agen pemegang merek (APM) mobil Mazda di Tanah Air baru saja meluncurkan model teranyarnya, Mazda CX-30. Mobil yang diimpor langsung dari Jepang ini merupakan Mazda generasi ketujuh yang memiliki sejumlah keunggulan yang tak dimiliki mobil di kelasnya.

“Mazda CX-30 memiliki empat value utama, pertama dari sisi design, comfort, safety, dan performance,” kata Kenny Wala, Product Planner PT EMI dalam peluncuran Mazda CX-30 yang berlangsung di Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, Selasa (28/1/2020).

Dari sisi design, Kenny merinci, Mazda CX-30 dirancang menggunakan desain yang berpadu dengan seni atau disebut juga sebagai car and art. Di mana mobil ini tak hanya dijadikan sebagai moda transportasi saja, melainkan sebagai benda seni.

“Ada tiga filosofi desain yang diusung, yaitu Yohaku, keindahan ruang kosong. Lalu, Sori, garis melengkung dari depan ke belakang yang menggambarkan keseimbangkan. Dan ketiga Utsuroi, permainan cahaya dan bayangan yang sangat merefleksikan bodi mobil ini,” ujar Kenny.

“Konsep desainnya juga 'Sleek & Bold', di mana pada bagian atas desain mobil ini ramping, tapi saat digabungkan dengan overfender di bawahnya jadi tampil tegas,” tambahnya.

Eksterior Mazda CX-30.jpg

[Baca Juga: Isi Celah CX-3 dan CX-5, Mazda CX-30 Resmi Mengaspal di Indonesia]

Beranjak ke desain interior, desain kabin Mazda CX-30 didasarkan pada filosofi desain yang berpusat pada manusia (human-centric) khas Mazda dan arsitektur tradisional Jepang dengan memanfaatkan penggunaan Ma atau ruang kosong. “Bisa dilihat dari kokpit yang diposisikan simetris secara horizontal dengan pengemudi sebagai pusatnya. Ini memberikan kesan menyatu antara pengemudi dengan mobil serta kemudahan dalam pengoperasian,” kata Kenny.

Interior Mazda CX-30.jpg

Selanjutnya, sisi comfort lebih menekankan kepada penggabungan material dan peredam kabin yang baik. Selain itu, mobil SUV ini juga dilengkapi dengan sistem audio standar dengan speaker 3-way sebayak delapan buah speaker dengan Woofer 3L. “Speaker ini tersebar di seluruh interior mobil yang menjamin suara merdu memberikan kenyamanan bagi pengemudi selama perjalanan,” jelasnya.

Pada bagian safety atau keamanan, mobil SUV menawarkan visibilitas yang baik untuk pengemudi. Terutama pada bagian tombol di sejumlah bagian mobil dirancang tak mengganggu konsenterasi berkendara dan memiliki respons cepat. “Tombolnya dirancang sama sehingga mengurangi distraction pengemudi saat perjalanan dan tidak melelahkan mata pengemudi,”ungkapnya.

Mazda-CX-30.jpg

Selain itu, mobil SUV ini juga dilengkapi dengan fitur keselamatan, seperti Driver Monitoring. Fitur ini mengobservasi kondisi pengemudi saat berkendara sehingga mampu mengetahui tingkat kelelahan pengemudi. Jika fitur mendeteksi kondisi berkendara yang bahaya, sistem ini akan mengeluarkan bunyi peringatan untuk mengingatkan pengemudi dan bekerja bersama Smart Brake Support (SBS) untuk mengantisipasi kebutuhan pengereman yang lebih baik.

Terakhir dari sisi performance. Di mana sumber tenaga Mazda CX-30 dari mesin bensin SKYACTIV-G 2,0 liter terbaru. Tenaga maksimum yang dihasilkan hingga 155 ps pada 6.000 rpm dan torsi maksimum 224 Nm pada 3.000 rpm. Distribusi tenaga tersebut disalurkan melalui transmisi otomatis 6-percepatan SKYACTIV-DRIVE.

“Performanya didukung mesin SKYACTIV 2.0 liter yang lebih dari cukup jika dikombinasikan bodi ramping yang dimiliki Mazda CX-30,” tuturnya.

[Baca Juga: Pilihan Mobil SUV Bekas Bebas dari Terjangan Banjir]

PT EMI memberikan pilihan empat warna pada Mazda CX-30. Misalnya Soul Red Crystalis Metallic dan Machine Grey Metallic untuk warna unggulan. Sedangkan untuk warna standar ada pilihan Snowflake White Pearl Mica, serta Jet Black Mica.

Artikel Lainnya

/media/images/All-New-Fit.original.jpg

Honda Jazz 2020 Mulai Dijual di Jepang

/media/images/Suzuki-XL7_K5otdMX.original.jpg

Masuk Segmen SUV, Segini Target Penjualan Suzuki XL7