Renault Triber.jpg

Setelah India, Renault Triber akan Diluncurkan di GIIAS 2019

Jumat, 21 Juni 2019 11:00 | Galih Pratama

Group Renault resmi memperkenalkan Renault Triber secara global di New Delhi, India pada Rabu (19/6/2019). Selain untuk pasar India, mobil segmen low multi purpose vehicle (LMPV) dikabarkan masuk juga ke pasar Tanah Air. Rencananya, mobil ini akan diluncurkan pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019.

“Di Indonesia segera hadir. Akan kita bawa bulan depan, tepatnya di Juli saat pameran GIIAS 2019 ya,” kata Chief Operating Officer (COO) PT Maxindo Renault Indonesia Davy J Tuilan seperti dilansir kompas.com, Jumat (21/6/2019).

Menurutnya, kehadiran Renault Triber memang sudah dijadwalkan sejak awal Renault kembali di Indonesia. Pihaknya juga merasa optimis Triber memiliki peluang positif, mengingat pasar mobil di Tanah Air cukup dominan di segmen MPV tujuh penumpang.

[Baca Juga: Pilihan Mobil Baru di Bawah Rp200 Juta]

Interior Renault Triber.jpg

Dilansir cnnindonesia.com, Triber dirancang berbasis platform CMF-A Renault. Itu artinya mobil ini berbagi komponen dengan Kwid yang sudah dijual di Indonesia. Tak hanya platform, berbagai elemen Triber lainnya juga milik Kwid.

Meski dikatakan MPV, desain depan eksterior Triber justru terlihat seperti keluarga sport utility vehicle (SUV) Renault, misalnya Koleos. Nuansa crossover juga muncul dari pelindung fender warna hitam dan rack roof.

Mengenai dapur pacu, Triber menggendong mesin BR10 3-silinder segaris dengan kapasitas 1.000 cc. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga 72 tenaga kuda. Sedangkan transmisinya, Renault hanya memberikan satu pilihan, yaitu manual 5-percepatan.

Sejumlah fitur keselamatan juga telah disematkan pada mobil ini. Seperti dua airbag, antilock braking (ABS), sensor parkir, dan sistem peringatan kecepatan sebagai standar. Bahkan pada varian termahal mendapatkan kamera parkir dan lebih banyak airbag.

[Baca Juga: Ternyata, Airbag Juga Bisa Sebabkan Kematian]

Fitur Renault Triber.jpg

Di dalam kabin, dasbor mobil ini terdapat layar LCD 3,5 inci dan sistem infotaiment layar sentuh 8 inci. Sistem hiburan tersebut terintegrasi dengan fitur Apple CarPlay dan Android Auto.

Soal harga, Renault belum mengungkapkan harga pasti mobil ini. Namun, diperkirakan bakal dibanderol mulai dari Rp108,5 juta.