IMX.jpg

Sertifikasi Modifikator Siap Jaga Ekosistem Industri Aftermarket

Selasa, 12 Mei 2020 12:00 | Galih Pratama

OTONEWS – Industri aftermarket sepertinya terus menunjukkan eksistensinya. Mengingat saat ini, inovasi dan kreativitas para pelakunya mulai mendapatkan perhatian lebih dari berbagai pihak. Seperti yang dilakukan National Modificator & Aftermarket Association (NMAA) bersama Kementerian Perindustrian, mereka tengah mendorong industri modifikasi Indonesia agar bertaji di negeri sendiri.

Putu Juli Ardika, Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Kemenperin RI mengatakan, komunitas industri modifikasi terus berkembang. Salah satu indikasinya dengan sukses digelarnya Indonesia Modification Expo (IMX) 2019 yang diiniasi NMAA.

"Tahun kemarin pengunjungnya sangat ramai. Apalagi saat ini generasi milenial sedang tumbuh dan dibarengi dengan meningkatnya pendapatan per kapita penduduk secara nasional, maka akan mendorong kegiatan penyaluran hobi seperti modifikasi dengan sangat positif,” ucap Putu dalam webinar atau seminar online sosialisasi Rancangan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (RSKKNI) beberapa waktu lalu.

[Baca Juga: Usung Tema Indonesia Pride, IMX 2020 Angkat Produk Modifikasi Lokal]

Lewat RSKKNI, lanjut Putu, pihaknya akan menginisiasi sertifikasi untuk para modifikator di Tanah Air. Untuk itu, secara simultan para modifikator akan diberikan pelatihan dengan RSKKNI bidang modifikasi yang tengah disusun saat ini.

“Sehingga nantinya, modifikator akan dapat tambahan ilmu dan bisa mengembangkn komponen aftermarket lokal. Pada akhirnya konsumen pun puas karena tenaga kerja modifikator kita memiliki standarisasi kerja yang sama,” tambah Putu.

Diketahui penyusunan RSKKNI tersebut melibatkan beberapa modifikator dalam negeri serta pelaku dunia otomotif Tanah Air yang diinisiasi penuh oleh Kemenperin RI.

Dikesempatan yang sama, Andre Mulyadi selaku NMAA Founder dan IMX Project Director mengatakan sosialisasi RSKKNI jadi hal yang sangat penting bagi para modifikator Tanah Air.

“Harapan besar agar menjaga ekosistem dunia otomotif, khususnya industri aftermarket agar tetap bergeliat di Tanah Air dalam berbagai situasi,” kata Andre.

Seminar online sosialisasi RSKKNI dijadikan sebagai salah satu road to event Tokopedia Indonesia Modification Expo (IMX) 2020. Tahun ini, Tokopedia selaku e-commerce ternama menjadi sponsor utama dalam hajatan industri aftermarket yang akan digelar Oktober mendatang.

[Baca Juga: Tokopedia IMX 2020 Optimis Tetap Digelar Oktober 2020]

“Tokopedia melihat antusiasme masyarakat terhadap kebutuhan otomotif meningkat berdasarkan peningkatan nilai transaksi penjualan kategori otomotif di Tokopedia dari 2019 ke 2019 yang mencapai 22 kali lipat. Sehingga melalui dukungan ini dapat mendorong pelaku modifikasi dan aftermarket berkontribusi terhadap perekonomian di era digital,” kata AVP of Business Tokopedia David Kartono.

Artikel Lainnya

/media/images/Kia-Rio-Facelift-2.original.jpg

Kia Rio Facelift Kini Usung Mesin Hybrid Ringan

/media/images/Hyundai-Santa-Fe-Facelift.original.jpg

Hyundai Santa Fe 2021 Tak Sekadar Facelift