Smart SIM.jpg

Selama Pandemi Corona, Korlantas Polri Beri Dispensasi Perpanjangan SIM

Jumat, 3 April 2020 14:00 | Galih Pratama

OTONEWS – Selain Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat), Polri juga melakukan penutupan sementara pelayanan Surat Izin Mengemudi (SIM). Seiring dengan penutupan sementara tersebut, Korps lalu Lintas Polri memberikan dispensasi bagi para pemilik SIM yang habis masa berlakunya per 17 Maret hingga 29 Mei 2020.

Apabila ada pemilik SIM yang masa berlakunya habis di periode tersebut, maka Korlantas Polri akan memberikan kelonggaran untuk diperpanjang setelah pandemi virus Corona atau Covid-19 di Tanah Air berakhir.

Dijelaskan Kasi SIM Subdit Regident Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Lalu Hedwin Hanggara, dispensasi diberikan kepada pemilik SIM yang masa berlakunya habis periode Maret-Mei 2020. Hal tersebut lantaran penutupan sementara layanan SIM di hampir seluruh jajaran Polda yang ada di Indonesia.

[Baca Juga: Darurat Corona, Denda Pajak Kendaraan Dihapus Hingga Mei 2020]

"Korps Lalu Lintas Polri memberikan dispensasi bagi para pemilik SIM yang habis masa berlakunya per 17 Maret sampai 29 Mei 2020. Karena periode tersebut merupakan masa tanggap darurat yang diberlakukan pemerintah," kata Hedwin seperti dilansir dari ntmcpolri.info, Jumat (3/4/2020).

Dilanjutkan Hedwin, dispensasi ini juga berlaku bagi masyarakat yang masuk kategori ODP (Orang Dalam Pemantauan), PDP (Pasien Dalam Pemantauan), dan suspect atau positif Corona.

“Bagi orang-orang yang masuk kategori tersebut, akan mendapat dispensasi perpanjangan SIM. Setelah dinyatakan sehat dengan membawa surat keterangan dari rumah sakit, baru dapat melakukan perpanjangan setelah masa karantina,” tambah Hedwin.

Dia kembali mengingatkan, dispensasi diberikan bagi pemilik SIM yang akan melakukan perpanjangan SIM, bukan pemohon SIM baru. “Proses perpanjangan SIM, bukan proses permohonan SIM baru,” terang Hedwin.

[Baca Juga: Ini Langkah-langkah Membuat Smart SIM]

Seperti diketahui, sebagai upaya memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19, Polri memutuskan untuk menutup Pelayanan Satpas, Gerai, dan SIM keliling. Penutupan dimula Selasa, 31 Maret 2020 sampai dengan waktu yang belum ditentukan.

Artikel Lainnya

/media/images/Kia-Rio-Facelift-2.original.jpg

Kia Rio Facelift Kini Usung Mesin Hybrid Ringan

/media/images/Hyundai-Santa-Fe-Facelift.original.jpg

Hyundai Santa Fe 2021 Tak Sekadar Facelift