Menteri PUPR.jpg

Sederhana, Ini Dua Koleksi Mobil Menteri Basuki Hadimuljono

Selasa, 4 Juni 2019 13:00 | Galih Pratama

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono kini tengah menjadi buah bibir. Ini tak lepas dari keputusannya yang merelakan rumah pribadinya digusur untuk pembangunan jalan tol Becakayu. Keputusannya ini ternyata menuai banyak pujian banyak pihak.

Kabar tersebut awalnya disampaikan oleh Mahfud MD lewat jejaring sosial Twitter. “Menarik, rumah pribadi Menteri PUPR Basuki Hadi Mulyono di Bekasi akan digusur utk proyek jalan tol. Pd-hal dialah yg menjadi pimpinan pembuatan jalan. Dulu diberitakan ada pejabat daerah yg membelokkan rencana jalan tol agar tak melewati tanah pribadinya. Hormat utk Pak Basuki,” tulisnya dalam akun @mohmahfudmd, Rabu (15/5/2019).

Cuitan tersebut rupanya membuat banyak nitizen kagum akan sikap dari menteri berusia 64 tahun ini. Menariknya lagi, potret kesederhanaan Menteri Basuki juga tercermin dari berbagai aspek.

Salah satunya adalah koleksi mobil yang dimilikinya. Tak seperti pejabat pada umumnya yang memiliki atau mengoleksi mobil mewah, justru dia hanya memiliki dua mobil yang bisa dibilang sangat ‘sederhana’.

[Baca Juga: Ini Koleksi Mobil ‘Sederhana’ Bos Facebook]

Merujuk dari Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), koleksi mobil Menteri Basuki jika ditotal harganya sejumlah Rp428,6 juta. Lalu, apa saja koleksi mobilnya?

Toyota Yaris

Mobil Yaris Menteri Basuki.jpg

Koleksi mobil Menteri Basuki Hadimuljono adalah Toyota Yaris tahun 2012. Dilansir dari mobimoto.com, Rabu (15/5/2019), mobil itu dibeli dengan harga Rp133,6 juta. Diketahui, Toyota Yaris merupakan salah satu produk Hatchback mungil dan manis yang cukup populer dengan mesin 1NZ-FE berkapasitas 1500 cc.

Toyota Yaris Generasi pertama cukup diminati anak-anak muda pada masanya hingga akhirnya digantikan oleh Generasi Kedua yang bentuknya sudah berubah total.

Honda Accord

Mobil Honda Accord Menteri Basuki.jpg

Koleksi lainnya adalah sedan Honda Accord lansiran 2006. Honda Accord dikenal sebagai mobil sedan premium keluaran produsen otomotif Jepang. Jika dilihat spesifikasinya, mobil ini mengusung mesin 2,4L dengan 4 silinder yang mampu menyemburkan tenaga 176 tenaga kuda (tk).

[Baca Juga: Lebih Stylish dan Sporty, Ini Tampilan Baru Honda Mobilio]

Menteri PUPR membeli mobil tersebut pada tahun 2010 dengan harga Rp295 juta. Sedangkan untuk harga pasaran tahun ini, mobil baru ini dibanderol Rp660 jutaan.

Itulah dua mobil koleksi Menteri Basuki Hadimuljono. Jika dilihat spesifikasinya, kedua mobil ini bisa dibilang cukup ‘sederhana’ bagi sekelas pejabat menteri.

Artikel Lainnya

/media/images/Sofyan-Basir.original.jpg

Deretan Mobil Mewah Eks Dirut PLN Sofyan Basir

/media/images/Kapolri-Idham-Azis.original.jpg

Intip Garasi Mobil Kapolri Baru Idham Azis

/media/images/Mobil-Maruf-Amin.original.jpg

Intip Mobil Wapres Ma’ruf Amin Seharga Rp1,6 Miliar