Ilustrasi cek lampu sebelum mudik.jpg

Sebelum Mudik Lebaran, Cek Dulu Kondisi Lampu Mobil

Jumat, 17 Mei 2019 12:00 | Galih Pratama

Mudik Lebaran dengan kendaraan pribadi atau mobil butuh persiapan yang matang. Selain mengecek kondisi mesin, lampu-lampu mobil juga tak boleh luput dari perhatian sebelum melakukan perjalanan mudik. Sebab, perjalanan yang jauh tentunya membutuh penerangan, terutama ketika berkendara saat malam hari.

Melakukan pengecekan lampu mobil tak melulu harus pergi ke bengkel, Anda juga bisa melakukannya sendiri di rumah. Untuk pengecekan, Anda bisa memulainya dari bagian lampu depan. Lampu utama bisa dicek dengan melihat kondisi lampu, bila sudah menghitamkan baiknya diganti dengan yang baru.

"Untuk lampu konvensional yang masih pakai bohlam, pastikan juga lampu dekat dan lampu jauh menyala, jangan sampai ada lampu yang putus," ucap Sugiyanto atau Ugie dari bengkel Auto Clinic, Bekasi, Jawa Barat, seperti dilansir dari gridoto.com, Jumat (17/5/2019).

Selanjutnya, kata Ugie, Anda juga harus mengecek lampu bagian lain. Seperti fog lamp, lampu sein, hingga lampu rem. Khusus lampu rem, pastikan semuanya menyala. Mengingat kemudi di belakang akan sangat kesulitan melakukan pengereman bila lampu rem putus.

[Baca Juga: Teknik Mengerem Agar Kampas Rem Mobil Semakin Awet]

Sementara lampu sein, tombol hazard pastikan berfungsi dengan baik dan lampu sein juga menyala. Tak lupa, lampu kabin juga tak boleh dilupakan. Lampu kabin sangat membantu pengemudi atau penumpang untuk mengambil sesuatu dengan kondisi gelap.

"Saklar-saklar lampu juga harus di cek satu per satu, jangan sampai ada yang tidak berfungsi yang mengakibatkan lampu menjadi mati," tambahnya.

Mendadak Lampu Padam

Jika di perjalanan kondisi mobil mendadak padam atau mati, ada baiknya Anda tetap tenang agar bisa berpikir untuk mencari solusinya. Apabila kondisi sekitar jauh dari bengkel, hal pertama yang bisa dilakukan adalah cari tahu penyebabnya.

Dilansir dari otosia.com, Jumat (17/5/2019), biasanya jika lampu mati penyebabnya kemungkinan besar adalah sekring putus. Lokasi sekring lampu mobil biasanya terletak dekat atau di bawah kanan setir. Carilah mana sekring yang berfungsi sebagai lampu dan dalam kondisi putus tersebut.

[Baca Juga: Lampu Mobil Kusam, Ini Cara Mudah Membersihkannya]

Selanjutnya, lilitkan dua helai serabut logam kabel tadi ke batang atau terminal yang satu dan terminal lainnya. Lalu, pasang kembali sekring tersebut. Jika hanya satu dari lampu depan atau belalang yang mati, berarti masalah tidak pada bagian sekring. Kemungkinan besar salah satu lampu telah terbakar dan perlu diganti.