Ilustrasi ganti oli mesin.jpg

Sebelum Berangkat Mudik, Perlukah Ganti Oli Mesin Mobil?

Selasa, 14 Mei 2019 12:00 | Galih Pratama

Melakukan pengecekan dan perawatan kendaraan jadi hal yang wajib dilakukan sebelum berangkat mudik Lebaran. Ini menjadi penting karena mobil Anda akan bekerja ekstra selama perjalanan ke kampung halaman. Oleh karenanya, pastikan mobil dalam kondisi prima.

Sejumlah komponen pada mobil memang harus mendapatkan perhatian khusus ketika diajak mudik. Misalnya pengecekan pada sistem pengereman, tekanan angin, air radiator, wiper, kelistrikan atau air aki, minyak rem, shock absorber, hingga oli mesin mobil.

Khusus pelumas mesin, mengganti oli mesin merupakan salah satu perawatan yang perlu diperhatikan lebih sebelum mudik. Jangan sampai ketika perjalanan mudik mobil Anda mengalami gangguan di jalan. Lalu, apakah mengganti oli mesin perlu dilakukan sebelum perjalanan mudik?

[Baca Juga: 4 Tips Memilih Oli Mesin yang Tepat]

Seperti dikatakan Deni Adrian, Kepala Bengkel Auto2000 Cibinong. Menurutnya, interval mengganti olei mesin harus diperhatikan dengan baik. Jangan sampai pemilik mobil lupa dan melebihi batas waktu yang direkomendasikan oleh pabrikan.

“Oli itu memiliki tingkat viskositas atau kekentalan, sehingga jika sudah melebihi dari batas yang ditentukan akan mengurangi kinerjanya,” ujar Deni, dilansir dari auto2000.co.id, Selasa (14/5/2019).

Lanjut Dedi, apalagi mobil yang jarang dipakai, pemilik mobil harus sering mengecek kondisi oli. Ini dikarenakan pelumas yang di dalam mesin mobil punya kulaitas yang bagus. Maka dari itu, pemilik mobil harus memiliki patokan oli yang berdasarkan jarak tempuh atau bulan untuk periode pergantian oli berikutnya.

“Coba cek jika olinya sudah kental sekali dan warnanya hitam, maka harus diganti meski belum waktunya diganti sesuai dengan petunjuk dari buku servis,” ungkap Deni.

[Baca Juga: Awas, Jangan Salah Pilih Oli Mesin Mobil]

Diketahui, setiap parikan menyarankan pergantian oli mesin harus dilakukan setiap 10.000 kilometer (km) sekali. Anda juga bisa berpatokan pada bulan, yaitu setiap 6 bulan sekali atau 10.000 km, maka yang lebih dulu tercapai.

“Ini bertujuan menjaga performa pelumas sehingga mesin tetap bekerja dengan optimal. Kalau mau mudik sudah waktunya ganti oli, ada baiknya segera diganti. Jika belum, jangan sampai lupa untuk mengganti oli setelahnya agar kinerja mobil tetap prima,” saran Deni.