Cek Aki Mobil.jpg

Sebelum Berangkat Mudik, Cek Dulu Kondisi Aki Mobil

Senin, 27 Mei 2019 10:00 | Galih Pratama

Libur Lebaran tinggal menghitung hari. Momen ini selalu dijadikan sebagian orang untuk melakukan mudik ke kampung halaman. Bagi Anda yang ingin melakukan perjalanan mudik dengan mobil pribadi, tentunya sangat disarankan untuk mengecek kondisi kendaraan.

Hal ini mengingat perjalanan yang jauh ke kampung halaman mengharuskan mobil Anda dalam kondisi sehat. Untuk memastikannya, banyak komponen mobil yang perlu dilakukan pengecekan. Seperti dilansir dari laman auto2000.co.id, Senin (27/5/2019), salah satu komponen yang wajib dicek sebelum pergi mudik Lebaran adalah aki mobil.

[Baca Juga: Berbagai Aki yang Harus Anda Kenali]

Untuk itu, sangat disarankan pemilik mobil untuk mengecek kondisi aki sebelum berangkat mudik. Caranya bisa mengecek secara fisik atau menggunakan alat khusus. Namun jika ragu, Anda bisa membawa mobil ke bengkel terdekat.

Menurut Sapta Agung Nugraha, usia ideal pemakaian aki pada mobil berbeda-beda. Ini tentu tergantung pada pemakaian mobil. Jika sudah lebih dari 1,5 tahun, ada baiknya dicek kondisi aki, karena dikhawatirkan di tengah perjalanan mengalami masalah.

“Biasanya antara 1,5 hingga 2 tahun umur dari aki mobil, tetapi setiap mobil berbeda-beda karena melihat dari bagaimana perawatan mobil dan cara pemakaian pemilik mobil tersebut,” kata Sapta.

Agar kondisi aki tetap prima, lanjut Sapta, hal utama yang harus dijaga adalah menjaga voltase aki di 12V. Bagaimana caranya? Caranya dengan tidak menambahkan beban pada aki standar mobil. “Selain itu, pastikan juga ketika berhenti parkir kondisi lampu mobil mati,” tambah Sapta.

[Baca Juga: Sebelum Mudik Lebaran, Cek Dulu Kondisi Lampu Mobil]

Sementara khusus kendaraan yang lama tak digunakan, menurut Sapta, pastikan setiap tiga hari mobil dinyalakan kira-kira 15 menit. Ini bertujuan agar aki mobil mendapatkan pengisian dari alternator.

Aki merupakan komponen penting pada mobil. Sistem kelistrikan mayoritas berasal dari komponen ini. Untuk itu, jangan sampai perawatan komponen ini terlupakan.

Artikel Lainnya

/media/images/ilustrasi_bahan_bakar_mobil.original.jpg

Suka Gonta-Ganti BBM? Begini Efeknya

/media/images/Ilustrasi_ganti_rem_mobil.original.jpg

Catat, Ini Waktu yang Tepat Ganti Minyak Rem Mobil

/media/images/AC_Mobil_yRfHTsm.original.jpg

4 Kebiasaan Buruk Penyebab AC Mobil Cepat Rusak