Tidak Punya Garasi Mobil untuk Tempat Parkir? Berikut Tipsnya!.jpg

Sebelum Beli Mobil, Kini Warga Depok Wajib Miliki Garasi

Jumat, 10 Januari 2020 17:00 | Galih Pratama

OTONEWS – Dewan Pewakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Depok baru saja mengesahkan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Penyelenggaraan Bidang Perhubungan. Di mana salah satu isinya warga Depok diwajibkan memiliki lahan parkir atau garasi sebelum membeli mobil.

“Banyak masyarakat yang mengeluhkan kondisi parkir hingga memakan badan jalan. Dari situ, kami merivisi Perda tentang Penyelenggaraan Bidang Perhubungan,” ungkap Wakil Wali Kota Depok Pradi Supriatna seperti dilansir Kompas.com, Jumat (10/1/2020).

Sebagai contoh banyak warga yang tidak punya garasi, namun memarkirkan mobilnya di bahu jalan. Bahkan, fasilitas lapangan yang sejatinya menjadi area bermain kini berubah fungsi menjadi lahan parkir pemilik mobil yang tidak punya lahan parkir ataupun garasi.

[Baca Juga: Tidak Punya Garasi untuk Parkir Mobil? Berikut Tipsnya!]

Di tempat terpisah, Kepala Dinas Perhubungan Kota Depok Dadang Wihana, meminta agar warga Depok memaknai positif tentang aturan pemilikan garasi bagi warga pemilik mobil. Sebab, aturan itu disahkan untuk menjaga jalan sesuai dengan fungsinya.

“Hingga dua tahun ke depan, kami masih menyusun pedoman teknis dan mekanisme pengaturan pasal tersebut. Termasuk menyiapkan metode sosialisasi dan edukasi kepada warga,” jelas Dadang.

Sanksi Administrasi

Ada kekeliruan yang beredar di masyarakat terkait denda bagi warga Depok yang memiliki mobil tapi tak punya garasi. Saat ini, ramai diperbincangan bahwa warga didenda sebesar Rp20 juta, nyatanya denda administrasi yang tercantum pada Penyelenggaraan Bidang Perhubungan pasal 34 adalah Rp2 juta.

“Di dalam pasal 34 denda administrasi maksimal senilai Rp2 juta, bukan Rp20 juta yang kini tengah ramai dibicarakan masyarakat,” tambah Dadang.

Untuk itu, Dadang meminta kepada masyarakat Depok agar tidak gaduh menyikapi aturan ini terutama terkait pasal garasi dan denda administrasinya. “Jangan termakan informasi yang belum tentu kebenarannya,” tegas Dadang.

[Baca Juga: Dear Pemula, Begini Cara Mudah Parkir Mundur]

Populasi kendaraan roda empat di kawasan Depok memang cukup tinggi. Sayangnya, masih banyak pemilik mobil yang belum memiliki lahan parkir ataupun garasi. Hasilnya, jalan umum ataupun fasilitas lainnya dijadikan parkir dadakan. Ini yang mengganggu para pengguna jalan lainnya.

Dengan adanya Perda tersebut, diharapkan warga Depok bisa menyikapinya dengan positif dan membantu pemerintah daerah untuk mengatasi parkir sembarangan tersebut.