Daihatsu Rocky.jpg

Daihatsu Rocky Resmi Dijual Mulai dari Rp200 Jutaan

Rabu, 6 November 2019 10:00 | Galih Pratama

OTONEWS – Daihatsu Rocky kini bangun kembali dari tidur panjangnya. Setelah sempat populer di tahun 80 sampai 90-an, Daihatsu Motor Corporation menghidupkan kembali Rocky. Pada 5 November 2019, Daihatsu di Jepang resmi merilis dan menjual Daihatsu Rocky terbaru.

Jika dilihat spesifikasinya, Daihatsu Rocky sangat berbeda dengan versi lawasnya. Daihatsu Rocky terbaru diciptakan dengan platform Daihatsu New Generation Architekture (DNGA). Kesan kompak menjadi tema utama dalam Rocky. Ini bisa dilihat dari bemper dan grille yang ‘dipadatkan’. Meski berukuran kompak, mobil ini diklaim memiliki ruang interior dan kapasitas bagasi yang besar.

Jika dilihat dari dimensinya, panjang mobil ini 3.995 milimeter (mm). Kemudian lebar 1.695 mm dan tinggi 1.620 mm. Sedangkan wheelbase-nya sepanjang 2.525 mm dan bobotnya mencapai 980 kilogram (kg).

Eksterior Daihatsu Rocky.jpg

[Baca Juga: Penyebab Daihatsu Recall Ribuan Gran Max 1.5L dan Luxio]

Desain Daihatsu Rocky bisa dengan mudah dikenali dari grille heksagonal berukuran besar. Grille ini memiliki pola garis-garis horizontal dengan kelir hitam glossy. Sementara di bagian tengahnya, terpampang logo Daihatsu. Kemudian pada bagian belakang, desain headlamp bergaya sipit dengan garnish melebar di bagian tengah.

Beranjak ke interior, kabin dalam mobil ini bergaya futuristik dengan head unit floating pada bagian tengah. Sedangkan posisi tuas transmisinya cukup unit, dibuat sedikit ke atas atau lebih naik mendekati konsol tengah.

Interior Daihatsu Rocky.jpg

Pada bagian belakang bisa dikatakan cukup luas karena tidak adanya ban serep, baik di bagian kolong atau tegantung di pintu. Ketiadaan ban serep untuk konsumen di Indonesia tentunya akan membawa masalah tersendiri dan tak sesuai dengan kebijakan yang ada.

Untuk tenaganya sendiri, Daihatsu Rocky generasi terbaru yang diluncurkan di Jepang dibekali mesin 1.000 cc turbo atau 1.200 cc naturally aspirated. Mesin 1.0 berkonfigurasi tiga silinder segaris DOHC, intercooler turbo. Mesin ini mampu menyemburkan 98 PS pada 6.000 rpm dengan torsi 140 Nm pada 2.400-4.000 rpm.

[Baca Juga: Daihatsu Sigra Facelift Resmi Dipasarkan, Begini Wujud dan Harganya]

Belakang Daihatsu Rocky.jpg

Dari segi harga, Daihatsu Rocky ditawarkan dengan harga terjangkau untuk ukuran mobil kompak. Di Negeri Sakura, mobil ini dijual dengan harga 1.705.000 yen atau setara dengan Rp219 jutaan sampai 2.422.200 yen (Rp312 jutaan).

Daihatsu Rocky yang diproduksi di Pabrik Daihatsu Industrial Co., Ltd. Shiga Factory ini ditargetkan terjual sebanyak 2.000 unit per bulan. Sementara ini, Daihatsu Rocky baru dipasarkan di Jepang. Namun, kemungkinan besar juga akan dijual di Indonesia. Bagaimana, tertarik?