Taksi Listrik Blue Bird.jpg

Resmi, Blue Bird Sediakan Layanan Taksi Listrik Pertama di Indonesia

Senin, 22 April 2019 17:00 | Galih Pratama

Masyarakat Jakarta kini bisa merasakan sensasi menjadi penumpang taksi bermesin listrik. Pasalnya, PT Blue Bird Tbk secara resmi meluncurkan taksi listrik yang diberi nama e-Taxi. Layanan ini mulai tersedia melayani masyarakat mulai Mei 2019.

Dilansir dari cnbcindonesia.com, Senin (22/4/2019), layanan e-Taxi akan menggunakan mobil Tesla X 75D A/T untuk jenis Silver Bird dan Premium. Untuk saat ini, baru ada empat mobil. Namun pihak Blue Bird akan melakukan penambahan hingga 200 unit pada 2020.

Selain Tesla, Blue Bird juga akan menggunakan mobil listrik produksi BYD tipe E6 dengan jumlah 25 unit. Diketahui BYD merupakan pabrikan mobil listrik asal Tiongkok.

"Sebagai operator taksi terbesar di Indonesia, Blue Bird terus melakukan inovasi seiring dengan perkembangan teknologi, guna memberikan pelayanan terbaik kepada para pelanggan. Adapun penggunaan armada taksi listrik ini menjadi salah satu langkah awal dan wujud nyata akan kontribusi Blue Bird terhadap pelestarian lingkungan, khususnya di Indonesia," kata Presiden Direktur Blue Bird Group Holding, Noni Purnomo dalam pengenalan e-Taxi di Kantor Pusat Blue Bird, Mampang Prapatan, Jakarta.

[Baca Juga: Lolos Sertifikasi Uji Tipe, Esemka Siap Diproduksi Massal]

Dilanjutkannya, terobosan inovasi dari kendaraan listrik ini bukan hanya bertujuan meningkatkan kualitas layanan dan kenyamanan pelanggan, tapi juga menjadi bagian komitmen perusahaan dalam mendukung pelestarian lingkungan.

“Hal ini kami yakin akan terwujud dimulai dengan langkah awal, yaitu kehadiran 25 unit BYD dan 4 unit Tesla di jajaran produk Blue Bird dan Silver Bird,” tambah Noni.

Tesla dan BYD

Seperti ketahui Tesla Model X 75D A/T merupakan mobil listrik yang diperkenalkan pada 2016 silam. Mobil ini mengandalkan baterai berkapasitas 75 kWh yang dapat melesat hingga kecepatan 210 km/jam. Sedangkan jarak tempuhnya bisa mencapai 380 km. Dibutuhkan waktu 7 jam untuk mengisi daya baterai mobil ini. Harga mobil ini sendiri ditaksi sekira Rp2,8 miliar.

[Baca Juga: Pemerintah Targetkan 400 Ribu Mobil Listrik Tahun 2025]

Sedangkan mobil BYD E6 A/T adalah mobil listrik yang sudah dijadikan taksi di beberapa negara. Sebut saja Tiongkok, Amerika Serika, Belanda, dan Inggris. Jarak tempuh mobil ini diklaim bisa mancapai 300 km dengan kapasitas baterai mencapai 75 kWh.