Renault Triber.jpg

Renault Triber, MPV Murah Pesaing Avanza dan Xpander

Senin, 10 Juni 2019 15:00 | Galih Pratama

Tahun ini sepertinya jadi momen Renault Indonesia bangkit dari ‘tidurnya’ yang sudah lama. PT Maxindo Renault Indonesia (MRI) selaku Agen Pemegang Merek (APM) Renault dipastikan akan menghadirkan produk multi purpose vehicle (MPV) terbarunya di pasar otomotif Tanah Air.

Adalah Renault Triber, produk terbaru ini dikabarkan akan diperkenalkan secara resmi di ajang pameran otomotif GIIAS 2019 di ICE BSD City, Tangerang, Banten. "Kami sudah siap luncurkan MPV Renault Triber di Indonesia saat pameran otomotif GIIAS tahun ini, hitungannya hanya dua minggu dari peluncuran perdana Renault Triber di India," kata Davy J Tuilan, Chief Operating Officer (COO) PT Maxindo Renault Indonesia seperti dilansir okezone.com, Senin (10/6/2019).

[Baca Juga: Ini Deretan Merek Kendaraan yang Akan Mejeng di GIIAS 2019]

Renault Triber menggunakan platform yang sama dengan Renault Kwid-CMF-A. Mobil ini mengandalkan mesin 1.0-liter SCe tiga-silinder. Mesin tersebut mampu menyemburkan tenaga 67,07 tenaga kuda (tk) dan torsi 91 Nm dengan kapasitas mesin 1.000 cc turbocharger. Sedangkan transmisinya tersedia dua pilihan, yakni manual 5-kecepatan dan otomatis 5-kecepatan.

Dari segi teknologi, mobil ini kemungkinan besar memiliki kemiripan dengan teknologi pada Hyundai Venue dan MG Hector. Teknologi Blue Link Hyundai menghadirkan 33 fitur konektivitas ke venue.

Salah satu fitur yang menjadi andalan adalah connected-car technology. Dengan konektivitas yang fleksibel ini akan memberikan nilai tambah pada kenyamanan dan keamanan. Paket konektivitas ini nantinya akan hadir pada semua jajaran produk baru Renault.

Sementara dimensinya sendiri, Renault Triber menghadirkan ruang kabin yang lega untuk 7 penumpang termasuk pengemudi. Di dalam kabin mobil akan menampilkan 50:50 untuk membagi kursi baris ketiga. Bahkan, dikabarkan kursi baris ketika bisa dilepas.

Mengenai harga, Renault Indonesia berusaha menawaran produk barunya tersebut dengan harga terjangkau. Akan tetapi untuk sementara harga jual belum bisa diumumkan. Seperti diketahui, Renault Triber yang akan dipasarkan di India pada 19 Juni 2019 dibanderol mulai dari Rp114,5 jutaan. Diprediksi, harga Renault Triber di Indonesia pun tak jauh dari angka Rp100 jutaan.

[Baca Juga: Mobil Terbaru Dibanderol di Bawah Rp200 Juta, Apa Saja Pilihannya]

Hadirnya Renault Triber sendiri akan memperketat pasar kendaraan MPV. Seperti diketahui penjualan terbanyak di kelas ini masih didominasi oleh Toyota Avanza dan Mitsubishi Xpander. Apakah kehadiran Renault Triber mampu bersaing dengan keduanya? Patut kita tunggu kehadirannya di Tanah Air.