Rem-Blong,-Begini-Cara-Mengatasinya

Rem Blong, Begini Cara Mengatasinya

Minggu, 17 Februari 2019 18:00 | Galih Pratama

Rem adalah komponen yang vital pada kendaraan motor dan mobil. Jika rem bermasalah, bukan tak mungkin nyawa Anda yang jadi taruhannya. Ini bisa dilihat dari banyak kasus kecelakaan yang memakan korban jiwa karena masalah rem seperti rem blong.

Agar terhindar dari kejadian tersebut, rem kendaraan Anda harus mendapatkan perhatian dan perawatan berkala. Perawatannya bisa meliputi cek ketebalan kamvas rem, minyak rem, hingga kondisi pedal rem.

Namun, jika nasib berkata lain dan membawa Anda dalam situasi rem mobil blong, jangan panik. Ada beberapa tips cara mengantisipasi situasi tersebut. Simak ulasannya di bawah ini.

[Baca Juga: Teknik Mengerem Agar Kampas Rem Mobil Semakin Awet]

1 Turunkan Gigi ke Posisi 1 (Khusus mobil bertransmisi manual)

Dilansir dari mobimoto.com pada Rabu (16/1/2019), kondisikan diri Anda agar tidak panik. Pada saat rem mulai terasa blong, Anda coba turunkan gigi secara bertahap. Misalnya dari percepatan 5, 4, 3, sampai 1. Saat melakukan hal tersebut, dibarengi juga dengan mengurangi intensitas gas.

2 Gunakan Rem Tangan

Langkah selanjutnya adalah menggunakan rem tangan. Tarik rem tangan hingga mobil Anda benar-benar berhenti

3 Arahkan Mobil ke Jalur Lambat

Apabila sudah menurunkan gigi dan menekan rem tangan, maka segeralah arahkan mobil Anda ke jalur lambat atau bahu jalan. Ini perlu dilakukan agar tak terjadi tabrakan dengan mobil lain yang sedang melaju dalam kecepatan tinggi.

4 Jauhkan Kaki dari Pegal Gas

Ketika melakukan langkah-langkah di atas, sebisa mungkin jauhkan kaki Anda dari pegal gas.

[Baca Juga: Solusi Pedal Gas Mobil yang Tersangkut]

5 Cek Benda yang Menghalangi Pedal Rem

Seperti dilansir ntmcpolri.info, benda-benda yang ditaruh di bawah kursi pengemudi tanpa disadari bisa maju ke depan. Akibatnya, bisa memblokir pedal rem dari belakang.

6 Injak dan Kocok Rem Berkali-kali

Khusus kendaraan tanpa sistem Anti-lock Braking System (ABS), Anda bisa melalukan injak rem berkali-kali. Di beberapa kasus, terkadang rem blong hanya bersifat sementara.

7 Peringati Kendaraan Lain

Jika Anda mengalami rem blong saat berkendara di jalanan yang cukup ramai, usahakan untuk memberikan peringatan kepada pengendara lain. Caranya bisa menggunakan lampu hazard, klakson, atau bahkan melambaikan tisu dari kaca pintu.

8 Minta Pertolongan

Ketika terpaksa harus menabrak sesuatu, pilihlah objek yang aman dan mampu menghalau benturan. Misalnya pohon, tumpukan pasir atau tanah. Kemudian, mintalah pertolongan kepada pengendara lain atau penduduk sekitar.