Komunitas Euro Retro Enthusiast.jpg

Regenerasi, Komunitas Euro Retro Enthusiast Rangkul Member Anak Muda

Minggu, 21 April 2019 12:00 | Galih Pratama

Euro Retro Enthusiast menjadi salah satu satu komunitas pencinta mobil retro dan klasik yang cukup eksis di Tanah Air. Komunitas ini berisikan pemilik mobil retro maupun klasik khusus lansiran Eropa yang berasal dari kawasan Jabodetabek.

Baru-baru ini, komunitas yang berdiri sejak April 2015 tersebut mengumumkan regulasi baru terkait batasan umur mobil. Seperti diketahui, awalnya komunitas ini hanya terdiri dari dua kategori jenis mobil, yakni kategori klasik di bawah tahun 1975 dan retro antara tahun 1976-1989.

“Seiring berjalannya waktu dan menyikapi permintaan para pemilik kendaraan Eropa tahun 90-an yang disampaikan melalui Instagram kami, maka kami para founder Euro Retro Enthusiast sepakat untuk menambahkan satu kategori lagi, yaitu 90's,” kata Indra Nurtantio, salah satu pendiri Euro Retro Enthusiast seperti dilansir kabaroto.com, Selasa (16/4/2019).

[Baca Juga: Komunitas Mobil Alert! Regional Jakarta Resmi Dideklarasikan]

Dijelaskannya, kategori tersebut memiliki pengertian sebuah tipe mobil tertentu dengan produksi di rentang tahun 1990 – 1999. “Selain berdasarkan permintaan, penambahan kategori ini juga berdasarkan hasil evaluasi bersama,” ujar Indra.

Dia menambahkan, tujuan dihadirkannya kategori jenis mobil lansiran 1990 – 1999 tersebut untuk menjaring regenerasi anak muda yang ingin bergabung dalam komunitas ini. Sehingga diharapkan mereka menjadi penerus yang mencintai mobil-mobil retro Eropa.

"Terbukti di statistik sosial media kami yang awalnya followers kebanyakan umur 35-45, justru sekarang yang terbanyak adalah followers umur 25-35," ungkapnya.

Pengumuman regulasi baru tersebut dikemas dalam acara kopi darat rutin bulanan yang berlangsung di kawasan Alam Sutera, Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Minggu (14/4/2019). Sebanyak 48 unit atau member ikut meramaikan kopdar tersebut.

[Baca Juga: Komunitas Mobil Toyota Innova Ini Terus Melebarkan Sayap]

“Kita kumpul 48 unit, konvoi bareng dari rest area untuk menuju Alam Sutera dan mengumumkan regulasi baru bagi member," pungkas Indra.

Mayoritas member Euro Retro Enthusiast memang berasal dari kawasan Jabodetabek. Kini jumlahnya sudah mencapai ratusan orang. Sedangkan rentang usia member-nya mulai dari 22 hingga 60 tahun. Mereka memiliki koleksi mobil retro atau klasik berbagai merek, seperti Peugeot, Mercedes, BMW, Jaguar, Volvo, VW, dan lainnya.