SFAM 2019.jpg

Ratusan Mobil Langka Asal Perancis Berkumpul di SFAM 2019

Senin, 21 Oktober 2019 10:00 | Galih Pratama

OTOEVENT – Lebih dari 100 mobil antik dari merek Perancis, seperti Peugeot, Renault, dan Citroen berkumpul dalam gelaran Saturday French Automobile Meet Up (SFAM) 2019 di Mitra Terrace, Gatot Subroto, Jakarta, Sabtu (19/10/2019).

SFAM 2019 kali ini merupakan edisi kedua setelah sebelumnya sukses digelar dua tahun lalu. Pada edisi kali ini, jumlah mobil yang dihadirkan memang lebih banyak dibanding tahun lalu, yakni hanya sebanyak 60 mobil.

Mayoritas mobil peserta yang ditampilkan pun merupakan tipe-tipe mobil yang sangat jarang ditemui di Indonesia. Mulai dari era 1950-an seperti Citroen Traction Avant hingga yang terbaru Peugeot 5008.

Ketua Panitia SFAM 2019, Marius Praktinjo mengatakan bahwa acara digagas sebagai ajang berkumpul dan bersilaturahmi antar komunitas dan pemilik mobil Perancis.

“Kenapa kami bikin kembali SFAM edisi kedua ini, karena jujur saja kami kangen akan keramaian berkumpulnya dan silatuhrami antar komunitas mobil Perancis. Pada edisi kedua ini, acara jelas jauh lebih meriah dan lebih ramai,” ujarnya.

Mobil Klasik Perancis.jpg

[Baca Juga: Pembatasan Usia Mobil, Begini Respons Komunitas Mobil Klasik]

Dia melanjutkan, peminat peserta yang hadir dari komunitas pun jauh lebih banyak. Terbukti, lebih dari 100 mobil yang mejeng di ajang SFAM 2019 kali ini. Tak jarang, mobil yang hadir di edisi kali ini sangat langka. “Mobil-mobil langka yang di edisi pertama belum ada, sekarang di edisi kedua sudah ada,” tambahnya.

Sementara Sonny Boedhiwibowo, salah satu penggagas SFAM 2019 mengatakan, kehadiran mobil lansiran Perancis yang hadir di edisi SFAM kali ini bisa menjadi sarana edukasi bagi para anggota komunitas mobil dan pengunjung yang datang.

“Produk perancis tak hanya dikenal dari brand saja. Tapi ada seri-serinya dan varian-variannya. Misalnya Peugeot 306, ada seri E3, N5, dan lainnya. Di sini, jadi bisa mengenal lebih jauh,” ungkap Sonny.

Guna memeriahkan acara, beragam aktivitas menarik juga dihadirkan oleh panitia SFAM 2019, seperti Classic and Electric Car Display, Car Sale, Trunk Sale, Talk Show, Live Music, Stand Up Comedy, hingga Games dan Doorprize. Ada juga Fun Photo Contest yang diadakan oleh PeReCi bekerja sama dengan Jakarta Photo Club dan Focus Nusantara.

Didukung APM

Beberapa Agen Pemegang Merek (APM) ikut meramaikan acara ini, seperti Astra Peugeot Indonesia dan Peugeot Motorcycles, serta Maxindo Renault Indonesia.

Davy J Tuilan COO Maxindo Renault Indonesia yang turut hadir dalam SFAM 2019 mengaku baru mengetahui bahwa ada kegiatan yang melibatkan tiga komunitas mobil lansiran Perancis.

“Saya sendiri jujur saja baru tahu ada acara bagus seperti ini. Makanya, tadi saya juga mengajak teman dari kedutaan besar Perancis, Rachid Boulalouine, untuk datang. Dia pun kaget karena sudah 4 tahun di sini baru tahu ada acara SFAM,”ungkapnya.

Mobil Perancis.jpg

[Baca Juga: Klasik dan Gahar, Gading Marten Pamerkan Mobil Idamannya]

Menurutnya, bagi Maxindo Renault, event seperti ini sangat penting. Karena, tidak bisa dipungkiri, komunitas memiliki kontribusi sangat penting dalam memperkenalkan dan menjaga ekosistem mobil Renault di Indonesia.

Sementara perwakilan dari Astra Peugeot Indonesia, Aidil Swastomo, mengaku sangat terkesan dengan event SFAM 2019. Dia berharap, acara seperti ini diadakan rutin agar bisa mempersatukan para pengguna mobil Perancis di Tanah Air.

“Saat saya pertama datang pada SFAM 2017 lalu, saya sudah sangat terkesan dengan acara ini. Karena SFAM ini sukses mengumpulkan beragam merek dan jenis. Kami sendiri tentunya akan selalu mendukung kegiatan dari teman-teman komunitas Peugeot di Indonesia,” kata pria yang menjabat sebagai After Sales Service Head Astra Peugeot Indonesia ini.