VW-Tiguan-Allspace.jpg

Rakit Mobil di Cikampek, Volkswagen Targetkan 6.000 Unit Per Tahun

Kamis, 3 Oktober 2019 16:00 | Galih Pratama

OTONEWS – Bagi Volkswagen, Indonesia menjadi pangsa pasar yang sangat potensial. Demi menguatkan pasar, tahun ini mereka berani membangun fasilitas produksi mobil di dalam negeri. Melalui PT Garuda Mataram Motor (GMM), produksi mobil Volkswagen rakitan tenaga kerja lokal dipusatkan di kawasan Cikampek, Jawa Barat.

Dijelaskan Presiden Direktur PT GMM Andrew Nasuri, kehadiran fasilitas produksi mobil Volkswagen sebagai salah satu upaya mengembangkan merek Volkswagen sekaligus mendukung pertumbuhan industri otomotif di Tanah Air.

“Dengan produksi di sini, harga menjadi lebih kompetitif, sehingga banyak orang yang dapat memiliki Volkswagen,” ujarnya dalam acara serah terima unit Volkswagen Tiguan Allspace di Jakarta, Rabu (2/10/2019).

Tahun 2019, menjadi debut pertama kalinya diproduksi Volkswagen secara medium knock down (MKD) di Indonesia. Sebagai langkah awal pengembangan produksi, PT GMM akan fokus merakit pada satu model, yaitu VW Tiguan Allspace. “Sekarang kami hanya fokus VW Tiguan Allspace, sebuah mobil keluarga yang cocok untuk pasar Indonesia” ujarnya.

[Baca Juga: VW Tiguan Allspace Rakitan Indonesia Mulai Dipasarkan]

Kapasitas Produksi

Fasilitas produksi Volkswagen berdiri di atas tanah seluas 60.000 meter persegi. Sedangkan kapasitas produksinya diyakini mampu mencapai 6.000 unit Volkswagen. “Kapasitas ini tentunya akan berkembang. Tapi untuk produksi VW Tiguan Allspace kita alokasikan 2 ribu atau lebih,” ujar Jonas Chendana Chief Operation Officer PT GGM.

Untuk pengerjaannya sendiri dilakukan langsung oleh para pekerja asal Indonesia. Sebelumnya, mereka telah mendapatkan pelatihan khusus oleh Volkswagen. Bahkan, sejumlah tenaga ahli dari Volkswagen juga didatangkan untuk memantau atau mengawasi produksi mobil Volkswagen.

“Mereka hanya mensupervisi saja. Tujuannya agar kualitas yang dihadirkan sama dengan negara asalnya. 1.000 persen kualitasnya saya jamin persis sama dengan yang di India dan Jerman,”klaimnya.

Nantinya, kata Jonas, tak hanya fokus pada satu jenis atau tipe mobil VW Tiguan Allspace saja yang diproduksi pabrik tersebut. PT GMM juga akan mempertimbangkan untuk memproduksi jenis atau tipe lain dari Volkswagen. “Nggak melulu VW Tiguan Allspace. Model apa selanjutnya? Tunggu, sabar,” jelasnya.

[Baca Juga: Lebih Dekat dengan Chris Lesmana Desainer VW Asal Indonesia]

Diketahui, saat ini produksi pabrik tersebut telah menghasilkan 5 unit VW Tiguan Allscape hasil karya pekerja Indonesia. Unit tersebut sudah diserahkan langsung oleh Presiden Direktur PT GMM Andrew Nasuri dan sejumlah perwakilan dari Volkswagen AG kepada 5 pembeli pertama VW Tiguan Allspace.

PT GMM mencatat penjualan VW Tiguan Allspace sudah terjaul 460 unit. Untuk penyerahan unit akan dilakukan secara bertahap. Ditargetkan hingga akhri tahun ini, sebanyak 300 unit VW Tiguan Allspace sudah diserahterimakan ke para pembeli.