Ragam-Indikator.jpg

Ragam Lampu Indikator Mobil yang Perlu Diketahui (I)

Sabtu, 27 Oktober 2018 16:00 | Galih Pratama

Mungkin belum banyak orang yang tahu, bahkan bingung dengan lampu indikator yang terdapat di dashboard mobil. Padahal lampu indikator yang menyala tersebut bukan sekadar menyala. Bisa jadi, indikator yang menyala itu memberikan pertanda penting untuk keselamatan dan kenyamanan Anda selama berkendara.

Untuk itu, sebagai pengemudi, Anda harus paham dan mengetahui lampu indikator yang ada di dalam mobil. Pasalnya, tak jarang masalah pada mobil Anda bisa diketahui dari indikator yang menyala. Dilansir dari berbagai sumber, Otopedia kali ini akan mengulas sejumlah indikator mobil yang perlu diketahui oleh pada pengemudi. Simak ulasannya berikut ini.

Indikator Check Engine

Otonews-Ragam-Indikator-Mobil-yang-Perlu-Diketahui-Galih-2.jpg

Dilansir dari deltalube.com pada Jumat (26/10/2018), malfunction indicator lamp atau dikenal juga dengan check engine merupakan lampu indikator yang wajib diketahui oleh para pengemudi. Saat Anda memasukkan kunci mobil, lalu memutarnya ke posisi ‘ON’, lampu indikator secara otomotis akan menyala. Setelah mesin menyala, umumnya lampu indikator tersebut akan padam atau mati. Lain halnya jika mesin sudah menyala, namun lampu indikator check engine tetap menyala itu berarti menandakan bahwa mobil Anda dalam kondisi bermasalah. Untuk itu, segeralah Anda mengecek kondisi mobil Anda.

Indikator Tanda SRS

Otonews-Ragam-Indikator-Mobil-yang-Perlu-Diketahui.jpg

Adanya indikator SRS atau gambar orang duduk memangku bulatan di dalam mobil, menandakan bahwa mobil Anda sudah dilengkapi dengan teknologi keselamatan airbag. Diketahui fungsi airbag untuk melindungi pengemudi dan penumpang mobil ketika terjadi tabrakan. Indikator ini juga bisa dibilang sangat penting, jika indikator SRS menyala, itu berarti terjadi kerusakan pada sistem airbag mobil Anda. Untuk itu, segeralah cek agar airbag Anda bisa berfungsi dengan normal.

Indikator Sabuk Pengaman

Indikator Sabuk Pengaman.jpg

Normalnya, saat pengemudi ataupun penumpang belum memasang sabuk pengaman, tanda indikator sabuk pengaman akan menyala. Tak hanya menyala, pada jenis mobil terbaru juga dilengkapi dengan suara yang cukup keras. Selama pengemudi belum memasang sabuk pengaman, lampu indikator akan menyala dan terus berbunyi. Untuk itu, jangan anggap sepele keberadaan sabuk pengaman. Mengingat fungsinya sangat vital untuk melindungi keselamatan pengemudi dan penumpang.

Indikator Suhu Mobil

Indikator Suhu Mobil.jpg

Kebanyakan pengemudi kerap kali mengabaikan indikator suhu atau temperatur mesin. Jika indikator tesebut menyala dengan warna kuning atau oranye, itu artinya temperatur mesin masih dalam kondisi sedang. Namun, jika indikator tersebut menunjukkan warna merah, Anda sebaiknya langsung menepi dan mematikan mobil. Dikhawatirkan mesin mobil mengeluarkan asap akibat overheat.

Indikator ABS

Indikator ABS.jpg

ABS menunjukkan kondisi fitur anti-lock breaking system yang dimiliki kendaraan Anda. Memang tak semua mobil dilengkapi atau memiliki indikator sistem ABS. Normalnya, indikator ABS tak menyala saat keadaan mobil berjalan. Namun sebaliknya, jika indikator ABS menyala, itu berarti ada masalah pada fitur ABS mobil Anda.

Selanjutnya