Radiator.jpg

Radiator

Selasa, 29 Januari 2019 16:00 | Galih Pratama

Radiator adalah komponen pada sistem pendingin air yang berfungsi memindahkan panas dari air pendingin ke udara bebas. Radiator memang digunakan pada kendaraan bermotor, baik roda dua maupun roda empat. Namun tak jarang, radiator juga digunakan pada mesin yang memerlukan pendinginan ekstra.

Umumnya, lokasi radiator pada kendaraan terletak di depan dan berada di dekat mesin. Ini bertujuan agar mesin mendapatkan pendinginan maksimal yang dibutuhkan mesin.

Radiator-Cap.jpg

Bagian Radiator Mobil

1. Upper Tank

Upper tank merupakan sebuah penampung air pendingin. Fungsinya untuk menampung air panas yang keluar dari mesin. Tanki ini terletak di bagian atas radiator dengan bentuk memanjang.

2. Lower Tank

Lower tank merupakan tanki penampung air radiator yang terletak di bagian bawah radiator. Fungsinya adalah untuk menampung air pendingin yang sudah melalui proses cooling. Di dalam tanki inilah air siap untuk kembali digunakan untuk menyerap panas mesin.

3. Radiator Core

Komponen ini merupakan pipa kecil dalam jumlah besar yang memanjang antara upper dan lower tank. Fungsi pipa ini sebagai media penyaluran panas dari air radiator. Bentuk pipanya memanjang dan memiliki lubang yang kecil.

[Baca Juga: Ignition Coil]

4. Sirip Radiator

Sirip radiator adalah bahan berbahan plat yang lokasinya di tengah-tengah core (inti dari radiator yang bentuknya seperti pipa kecil dalam jumlah yang cukup besar dan memajang) dan berfungsi mempercepat pelepasan panas ke udara. Panas dari radiator core akan mengalir ke sirip dan panas tersebut akan lebih cepat dipindahkan.

5. Drain Plug

Komponen ini bisa disebut juga dengan sebutan baut penguras. Fungsinya menguras air pendingin. Lokasi drain plug terletak pada area bawah radiator yang berada pada lower tank.

6. Radiator Cap

Radiator cap atau tutup radiator memiliki fungsi untuk menutup radiator, sebagai tempat pengisian air radiator, dan pengatur tekanan radiator. Tutup radiator didesain seperti tutup tanki bahan bakar motor dan terdapat mekanisme relieve valve yang bertujuan mengatur tekanan air radiator di dalam sistem pada saat kondisi mesin panas.

Referensi : Wikipedia.org, autoexpose.com