Quarter Glass

Quarter Glass

Jumat, 25 Januari 2019 13:00 | Galih Pratama

Quarter glass adalah kaca kecil berbentuk segitiga yang dipasang di pintu depan mobil. Jenis quarter glass terbagi dua, yakni ada yang bisa dibuka dan tidak bisa dibuka atau model fixed. Umumnya, model quarter glass yang bisa dibuka, diterapkan pada mobil-mobil lawas atau lama. Sedangkan yang tak bisa dibuka, bisa ditemukan di mobil keluaran teranyar.

Model Quarter Glass Bisa Dibuka

Model quarter glass yang bisa dibuka pada mobil dilengkapi dengan sepasang engsel. Fungsi quarter glass sendiri untuk mengalirkan udara luar ke dalam kabin mobil. Sehingga suhu kabin bisa lebih sejuk. Mengingat, mobil keluaran lama tak dilengkapi dengan fasilitas atau fitur pendingin udara (AC) di dalam kabin.

[Baca Juga: Solusi untuk AC Mobil Agar Kembali Dingin]

Model Quarter Glass Tak Bisa Dibuka

Model quarter glass yang tak bisa dibuka atau model fixed, bisa Anda jumpai di mobil keluaran teranyar. Tak bisa dibuka lantaran mobil terbaru umumnya sudah dilengkapi dengan fasilitas atau fitur AC. Fungsinya tak lagi sebagai penyejuk ruang kabin, tapi quarter glass fixed bertujuan mengurangi blind spot pada area sekitar pintu depan atau pilar A.

Blind spot pada area tersebut dipengaruhi oleh sudut dan ketebalan pilar A dan dashboard yang lebar. Makanya, kehadiran quarter glass fixed membuat visibilitas pengemudi pada area samping depan mobil akan meningkat.

[Baca Juga: 4 Tips Mudah Merawat Dasbor Mobil]

Kendaraan yang dilengkapi dangan model quarter glass fixed bisa ditemukan di beberapa mobil. Di antaranya Honda Freed, Chevrolet Lumina APV, Toyota Prius, Opel Astra J, Mitsubishi Endeavour, Fiat Grande Punto, Suzuki SX4, dan Honda Civic.

Referensi: wikipedia.org, gridoto.com