Car Seat.jpg

Posisi Duduk Anak di Mobil Ditentukan Usianya

Rabu, 20 November 2019 15:00 | Galih Pratama

OTONEWS – Keselamatan dalam bekendara tentunya menjadi hal utama, baik bagi pengemudi maupun penumpang. Banyak hal yang harus diperhatikan sebelum berkendara. Terutama bagi para orang tua yang mengajak anak bepergian naik mobil. Pastikan Anda sudah menempatkan buah hati dalam posisi duduk yang aman.

Perlu diketahui, posisi duduk anak di dalam mobil ternyata memiliki ketentuan yang harus dilakukan oleh para orang tua. Ini berkaitan dengan usia anak. Posisi duduk anak di mobil wajib disesuaikan dengan usia anak, sehingga keselamatan anak saat berkendara tetap terjamin.

Car Seat Bayi.jpg

Misalnya anak di bawah usia 6 bulan. Melansir cintamobil.com, Rabu (20/11/2019), untuk posisi duduk anak usia baru lahir hingga 6 bulan harus ditempatkan pada car seat menghadap ke belakang. Penempatannya harus di kursi tengah yang dilengkapi dengan sistem harness 6 titik layaknya seat belt pembalap. Agar tidak terguncang, car seat juga dikekang dengan seat belt bawaan mobil.

[Baca Juga: Jangan Asal! Begini Cara Pasang Seat Belt yang Benar]

Car Seat Anak.jpg

Lalu, pada anak usia 6 bulan hingga 4 tahun, meski dianggap sudah besar, tetap mereka harus menggunakan car seat di dalam mobil. Hanya saja, car seat tersebut bisa disesuaikan dengan ukuran tubuh anak dan diikat dengan baik.

Lokasi kursinya juga dianjurkan masih berada di kursi tengah mobil dan tetap menghadap ke belakang. Ini dilakukan karena karena dikhawatirkan anak belum siap bepergian dengan posisi duduk menghadap ke depan.

Berbeda dengan usia anak yang sudah menginjak 4 – 7 tahun. Mereka dinilai sudah diperbolehkan menghadap ke depan, namun tetap menggunakan car seat yang sesuai dengan ukuran tubuhnya.

Car Seat.jpg

Selain car seat, orang tua juga menggunakan booster seat yang telah terverifikasi sesuai standar nasional dan mengenakan harness yang sesuai dengan ukuran tubuh anak. Perlu diingat juga, pada usia ini posisi duduk anak wajib berada di kursi belakang. Jangan sesekali untuk memperbolehkan anak untuk duduk di depan.

Sementara pada usia anak 7 – 16 tahun, anak sudah diperbolehkan duduk di kursi depan saat bepergian. Namun, sebagai pertimbangan para orang tua, ada sebuah penelitian menunjukkan bahwa anak di bawah usia 12 tahun jauh lebih aman duduk di kursi belakang. Mengingat seat belt dirancang untuk menopang tubuh orang dewasa dengan ketinggian maksimal 145 centimeter.

Car-Seat.jpg

Jadi, ada baiknya anak-anak di atas usia 7 tahun menggunakan booster seat dan seat belt dewasa dengan lokasi kursi belakang.

[Baca Juga: 3 Solusi Agar Jok Empuk Kembali]

Dari ulasan tentang posisi duduk anak di mobil tersebut, para orang tua diharapkan bisa mengetahui betapa pentingnya posisi ideal anak saat bepergian dengan mobil. Ini demi menjaga kenyamanan dan keselamatan dalam berkendara.

Artikel Lainnya

/media/images/Kia-Rio-Facelift-2.original.jpg

Kia Rio Facelift Kini Usung Mesin Hybrid Ringan

/media/images/Hyundai-Santa-Fe-Facelift.original.jpg

Hyundai Santa Fe 2021 Tak Sekadar Facelift