Porsche Panamera.jpg

Porsche Rilis Panamera Edisi Khusus, Apa Istimewanya?

Selasa, 8 Oktober 2019 11:00 | Galih Pratama

OTONEWS – Panamera merupakan salah satu sedan unggulan dari Porsche. Sejak diluncurkan 2009, mobil ini cukup menyita perhatian pencinta otomotif dunia. Sebagai bentuk apresiasi terhadap mobil ini, Porsche merilis Panamera 10 Years Special Edition.

Untuk edisi khusus ini, Porsche hanya tersedia dua varian, yakni Panamera 4 penggerak 4 roda dan Panamera 4E-Hybrid. Sebagai pembeda dari versi sebelumnya, Porsche melakukan sedikit sentuhan berupa warna dan mengombinasi fitur-fitur standar yang sudah ada sebelumnya.

Melansir carscoops, Selasa (8/10/2019), Porsche Panamera edisi spesial ini terlihat lebih garang berkelir warna hitam pekat. Tampilannya makin garang berkat penggunaan velg Panamera Sport Design berukuran 21 inci, yang berbalut warna white gold metallic. Selain itu, terdapat juga logo ‘Panamera 10 di bagian pintu depan, panel trim, penumpang depan, dan sill plate.

[Baca Juga: Ini Tiga Artis Indonesia yang Punya Koleksi Mobil Porsche]

Panamera.jpg

Sejumlah fitur standar ditambahkan pada Porsche Panamera edisi khusus ini. Di antaranya ampu depan matriks LED dengan Porsche Dynamic Light System (PDLS Plus), Lane Change Assist, serta Lane Keeping Assist dengan pengenalan rambu lalu lintas. Porsche juga menyematkan fitur park assist dengan kamera mundur, panoramic glass roof, privacy glass, kursi berpemanas 14 arah dengan lambang Porsche pada bagian sandaran kepala, pintu soft-close, radio digital dan sistem Bose Surround Sound.

Untuk menambah kenyamanan saat berkendara, Porsche Panamera edisi 10 tahun ini mendapatkan suspensi udara adaptif dengan Porsche Active Suspension Management dan Power Steering Plus. Khusus pembeli varian Panamera 4 E-Hybrid akan mendapat charger opsional 7,2 kW yang mampu mengisi baterai lebih cepat dibanding 3,6 kW.

Interior Porsche Panamera.jpg

Tak Ada Perubahan Mesin

Bagaimana dengan tenaganya? Tak ada pembaruan pada Porsche Panamera edisi khusus ini. Porsche Panamera penggerak 4 roda masih mengandalkan mesin V6 3.0-liter turbocharged. Mesin tersebut mampu memuntahkan tenaga 330 tenaga kuda (tk) dan torsi puncak 450 Nm dengan kemampuan ekseletasi dari 0-100 km/jam dalam 5,5 detik.

[Baca Juga: Spesifikasi Porsche Boxster Vanessa Angel Seharga Miliaran Rupiah]

Sementara Panamera 4 E-Hybrid dipersenjatai mesin bensin 2.9-liter V6 twin-turbocharged. Mesin konvensional ini dihubungkan ke motor listrik. Jika keduanya bekerja secara bersamaan tenaga yang dicapai sebesar 457 (tk) dan torsi dan torsi 700 Nm.

Tenaga mesin disalurkan ke empat roda lewat transmisi PDK dual-clutch delapan percepatan. Mobil ramah lingkungan ini dapat berakselerasi dari 0 - 100 km/jam dalam 4,6 detik, dan kecepatan maksimal 278 km/jam.

Rencananya, dua varian Porsche Panamera ini akan dipasarkan pada kuartal pertama 2020. Soal harga, Porsche Panamera 4 dibanderol 107.500 US dollar atau setara dengan Rp1,5 miliar. Sedangkan Porsche Panamera 4 E-Hybrid edisi 10 tahun memiliki harga mulai dari 116.900 US dollar atau setara dengan Rp1,6 miliar.