Formula E.jpg

PLN Siapkan Daya Listrik 3.000 Megawatt untuk Formula E

Jumat, 27 September 2019 15:00 | Galih Pratama

OTONEWS – Pada 2020, Jakarta dipastikan menjadi tuan rumah ajang balapan mobil listrik internasional Formula E. Berbagai infrastruktur mulai dikebut untuk memuluskan ajang balapan ini. Salah satunya adalah infrastruktur ketersediaan daya listrik sebagai energi utama yang dibutuhkan mobil Formula E.

Untuk kebutuhan daya listrik, PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Persero dipastikan akan menjadi penyedia daya listrik Formula E. Seperti yang diungkapkan Andika Rama Erdi Pratama, AS Stakeholder Management PLN. Menurutnya, PLN sudah siap mendukung pasokan daya listrik perhelatan balap Formula E.

“PLN di Jakarta memiliki cadangan daya sekitar 30 persen atau sekitar 3.000 Megawatt (MW). Daya itu sudah sangat mencukupi untuk mendukung Formula E. Sebagai gambaran sama kondisi sekarang, sekitar 24.000 bus listrik bisa disuplai secara bersamaan,” jelas Andika saat dihubungi melalui sambungan telepon beberapa waktu lalu.

[Baca Juga: Jadi Tuan Rumah Formula E, DKI Jakarta Setor Rp345,9 Miliar]

Charging Station PLN.jpg

Lebih jauh dia menjelaskan, kebutuhan listrik untuk mobil balap listrik yang digunakan untuk Formula E ditentukan oleh kapasitas baterainya. Dia mencontohkan, kapasitas baterai terbesar pada kendaraan listrik seperti bus bisa sekitar 250 kWh. Sedangkan untuk mobil penumpang atau pribadi hanya berkisar 40-90 kWh.

“Artinya dengan kapasitas tersebut, kami sudah siap memasok listrik untuk Formula E. Konsepnya kami akan memasok berapa pun daya listrik yang dibutuhkan pool, charging station, dan seluruh kebutuhan kendaraan listrik di Formula E,” kata Andika.

Dia juga memastikan, penggunaan daya listrik saat pagelaran Formula E di Jakarta tak akan mengganggu pasokan listrik di Jakarta dan sekitarnya. Dengan margin energi listrik 3.000 MW di Jakarta dipastikan akan cukup memenuhi kebutuhan Formula E dan masyarakat sekitar lintasan balap. “Jadi, nggak ada pemadaman bergilir,” tegasnya.

[Baca Juga: PLN Segera Buka Pengisian Daya Mobil Listrik Gratis di Jakarta]

Daya Listrik Formula E

Diakui Andika, pihak Formula E belum menginformasikan secara pasti kebutuhan jumlah daya listrik untuk pagelaran Formula E. Namun, dia yakin bahwa PLN mampu untuk menyukseskan ajang mobil balap listrik tersebut. “Yang jelas PLN sudah punya pengalaman dalam menyediakan listrik di event berskala internasional. Contoh Asian Games, Asian Paragames, dan lainnya,” ungkap Andika.

Hanya saja, kata Andika, salah satu tantangan yang kini tengah dihadapi PLN adalah terkait dengan standarisasi charger-nya setiap mobil listrik di Formula E. Tentunya, jenis charger yang digunakan akan berbeda dengan jenis mobil penumpang ataupun lainnya. “Tantangannya justru terletak di standarisasi charger-nya. Ini akan ada diskusi lebih lanjut panitia pelaksana,” tutup Andika.