Charging Station PLN.jpg

PLN Segera Buka Pengisian Daya Mobil Listrik Gratis di Jakarta

Jumat, 6 September 2019 11:00 | Galih Pratama

OTONEWS - Menyambut era mobil listrik, PLN selaku penyedia listrik negara terus bergerak cepat melakukan penyediaan tempat pengisian daya atau charging station di Tanah Air. Khususnya di Jakarta, mereka berencana membuka beberapa titik Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU).

“Ada tiga titik SPKLU yang akan kami pasang di Jakarta. Rencananya kami akan resmikan pada 27 Oktober mendatang,” ungkap Andika Rama Erdi Pratama, AS Stakeholder Management PLN saat di ajang IEMS 2019 di Balai Kartini, Jakarta beberapa waktu lalu.

Dijelaskan Andika, satu titik SPKLU yang sudah dipastikan hadir ada di kawasan Monas. Di sana akan dipasang beberapa unit charging station dengan fast charging dan super fast charging. “Jumlah unitnya memang belum dipastikan ada berapa. Yang pasti kami pasang dua tipe, super fast charging dan fast charging. Cuma butuh sekitar 20 menit untuk ngecas sampai penuh,” tambahnya.

[Baca Juga: Pemilik Kendaraan Listrik dapat Diskon Tarif PLN, Simak Syaratnya]

Selain di kawasan Monas, lanjut Andika, PLN juga akan memasang SPKLU di kawasan Gambir dan Grand Indonesia. Tak hanya Jakarta, tahun ini juga PLN akan membuka SPKLU di Bandung dan Bali. “Jadi, totalnya ada 5 wilayah. 3 di Jakarta, 1 di Bandung, dan sisanya di Bali,” jelasnya.

Menurutnya, pemilihan lokasi atau keberadaan SPKLU di Jakarta khususnya, sebagai upaya untuk mengetahui perilaku pemilik kendaraan listrik dalam melakukan pengisian daya baterai. “Lokasi yang kami pilihan secara tidak langsung untuk menyurvei habit para pengguna kendaraan listrik. Apakah arahnya ngisi seperti kaya di SPBU Pertamina, atau di luar, seperti di pinggir jalan, pusat perbelanjaan, dan lainnya,” ungkapnya.

Untuk tarif pengisian daya mobil listrik, menurut Andika, SPKLU yang ada di Monas tidak dipungut biaya sama sekali atau gratis. Pemilik kendaraan listrik yang tengah berkunjung ke Monas bisa memanfaatkan SPKLU tersebut. “Untuk tahun pertama, rencananya kami akan gratiskan dulu,” jelasnya.

Diketahui, saat ini PLN memiliki kurang lebih 7.000 Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) yang tersebar di Indonesia. Dari jumlah tersebut, sebanyak 1.900 unit berada di Jakarta. Terdapat beberapa tipe kemampuan stasiun pengisian daya, yaitu normal charging, fast charging, dan super fast charging.

[Baca Juga: Listrik Sering Padam, Sudah Siapkah Indonesia Pakai Mobil Listrik?]

Ketiga tipe pengisian daya tersebut dibedakan dari segi kecepatan pengisian dayanya. Normal charging membutuhkan waktu empat sampai enam jam, fast charging kurang lebih dua jam, super fast charging hanya membutuhkan kurang lebih 15 menit untuk mengisi daya kendaraan listrik hingga penuh.