Mitsubishi Pajero Sport.jpg

Pilihan Mobil SUV Bekas Bebas dari Terjangan Banjir

Selasa, 14 Januari 2020 16:00 | Galih Pratama

OTONEWS – Setiap mobil memiliki ground clearance atau jarak terendah komponen mobil ke permukaan jalan atau tanah yang berbeda-beda. Ada yang tinggi, ada pula yang rendah. Tapi, di musim hujan seperti saat ini, mobil dengan ground clearance tinggi menjadi pilihan yang pas. Sebab, mobil ini diklaim mampu menerobos genangan air atau bahkan banjir yang seperti terjadi di Jakarta dan sekitarnya beberapa waktu lalu.

Mobil ground clearance tinggi, tentunya identik dengan mobil model Sport Utility Sport (SUV). Selain lebih tinggi dibanding kendaraan Multi Purpose Vehicle (MPV) ataupun Low Cost Green Car (LCGC), posisi mesin mobil SUV juga lebih tinggi, sehingga saat melewati banjir diyakini tetap aman.

Nah, bagi Anda yang tertarik memiliki atau membeli mobil SUV ‘bebas banjir’, Otopedia kali ini coba merangkum sejumlah pilihan mobil SUV bekas yang memiliki ground clearance cukup tinggi. Apa saja?

[Baca Juga: Belum Diluncurkan, Harga KIA Seltos Sudah Bocor]

Mitsubishi Pajero Sport

Mitsubishi Pajero Sport.jpg

Secara dimensi, mobil ini memiliki panjang total 4.785 mm, lebar 1.815 mm dan tinggi 1.805 mm dengan jarak sumbu roda (wheelbase) 2.800 mm. Dimensi tersebut ditunjang dengan ground clearance yang cukup tinggi di kelasnya.

Menurut data teknis Mitsubishi menyebutkan jika jarak antara bagian terendah mobil dengan tanah Pajero Sport adalah 218 mm. Pada bagian kaki-kaki, pada Pajero Sport, varian Dakar menggunakan velg 18 inci dengan ban 265/60 R18. Sedangkan varian Exceed dan GLX mendapatkan velg 16 inci dengan balutan ban 265/70 R16.

Mitsubishi Pajero Sport menggunakan mesin baru berkode 4N15 4-silinder 2,4 liter dengan teknologi MIVEC Turbocharger dan Intercooler. Mesin ini menghasilkan tenaga puncak hingga 181 hp dan torsi berlimpah hingga 430 Nm.

Dengan ketinggian dan performa mesin tersebut, diyakini mobil SUV ini mampu melibas banjir dengan mudah. Sementara untuk harganya, melansir dari id.priceprice.com, harga Mitsubishi Pajero Sport untuk rakitan 2013 dibanderol Rp283 juta.

Toyota Fortuner

Toyota Fortuner.jpg

Mobil SUV ini juga memiliki ground clearance yang cukup tinggi, yakni sekira 193 mm. Ketinggian mobil ini didukung dengan velg yang digunakan menggunakan diameter 18 inci dengan ban 265/60 R18 untuk VRZ. Sedangkan varian G menggunakan velg 17 inci dengan balutan ban 265/65 R17.

Urusan dapur pacu, Toyota Fortuner menggendong mesin diesel Super GD 4-silinder 2,4 liter plus Variable Nozzle Turbo (VNT) dan Intercooler. Mesin yang dikawinkan dengan transmisi otomatis 6-percepatan ini mampu menyemburkan tenaga 149 hp dan torsi maksimal 400 Nm. Sedangkan untuk harganya sendiri, Toyota Fortuner varian G dibanderol seharga Rp265 juta.

Chevrolet Trailblazer

Chevrolet Trailblazer.jpg

Mobil SUV lansiran Amerika Serikat ini bisa dibilang memiliki ground clearance yang lebih tinggi dibanding dengan Mitsubishi Pajero dan Toyota Fortuner. Melansir chevrolet.com.ph, mobil SUV ini memiliki ground clearance setinggi 253 mm.

Chevrolet Trailblazer memang punya tampilan gahar yang menggendong mesin berkapasitas 2.499 cc. Mesin tersebut mampu memuntahkan tenaga mencapai 178 hp. Untuk harganya sendiri, misalnya Chevrolet Trailblazer 2.8 Diesel tahun 2013 bekas dijual seharga Rp235 juta.

[Baca Juga: Chevrolet E-10 Ubah Paradigma Mengenai Mobil Hot Rod Masa Depan]

Demikian tiga pilihan mobil SUV yang bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin terbebaskan dari genangan atau banjir di Jakarta dan sekitarnya. Semoga bermanfaat.