Ban Mobil.jpg

Pilih Mana, Ban Radial atau Bias?

Rabu, 9 Oktober 2019 16:00 | Galih Pratama

OTOTIPS - Ban menjadi salah satu komponen penting dalam sebuah kendaraan. Tanpa ban, mobil ataupun motor tak akan bisa berjalan. Pilihan ban pun kini terbagi menjadi beberapa jenis dengan kelebihan serta kekurangannya masing-masing. Untuk itu, para pemilik kendaraan harus mengenal lebih jauh jenis ban yang akan digunakan pada mobil ataupun motor kesayangannya.

Namun, jika dilihat dari struktur rancangannya, ban terbagi menjadi dua, yakni ban bias dan radial. Walaupun sewarna, keduanya memiliki karakteristik dan kelebihan yang berbeda.

Ban bias, misalnya. Ban bias adalah ban yang dibuat dengan dua susunan atau lebih benang yang menjadi rangka dari ban. Benang ini dijahit dengan pola menyilang atau zig-zag yang membentuk sudut 40-65 derajat terhadap garis tengah ban dengan telapak yang sangat tebal. Karakteristrik inilah yang membuat ban bias mampu menahan bobot yang cukup kuat.

[Baca Juga: Bahaya Ban Mobil Kelebihan atau Kekurangan Angin]

Meski begitu, ban bias tetap memiliki kelemahan. Contohnya ketika ban bias berputar, tapak ban akan bergerak mengikuti kelenturan ban dan bisa mengakibatkan perubahan luas daerah kontak ban dengan permukaan jalan. Kondisi tersebut akan membuat daya cengkram ban ke aspal kurang maksimal dan cenderung membuat ban cepat aus.

Lain halnya dengan ban radial, desain ban ini dibentuk dari lapisan serat yang menyilang pada lingkaran ban. Sabuk ban radial terbuat dari bahan dasar baja dengan tapak kaku, dan lebih tahan guncangan.

Ban radial memiliki ply cord (susunan benang di dalam ban) dengan sudut kurang lebih 90 derajat terhadap garis tengah bannya. Sedangkan bagian atas ban, dilapisi oleh steel belt atau sabuk baja. Steel belt ini membuat kontruksi bannya jadi lebih ringan dan kekar.

[Baca Juga: 5 Tanda Ban Mobil Harus Segera Diganti]

Sedangkan lapisan dinding ban radial pun diklaim lebih lentur dan empuk. Sehingga ban radial membuat laju kendaraan lebih nyaman meski melintasi jalan rusak atau bergelombang.

Ban radial juga diklaim lebih tahan guncangan dan tidak mudah haus. Ini tak lepas dari bahan dasar sabuk ban yang terbuat dari baja. Daya cengkram ban radial juga sangat baik, terutama ketika kendaraan melintasi jalan menikung.

Dari penjelasan di atas, tentunya Anda bisa mempertimbangkan jenis ban apa yang cocok pada kendaraan. Pemilihan ban bisa disesuaikan dengan karakteristik kendaraan yang Anda miliki.

Artikel Lainnya

/media/images/Kampas-Rem-Mobil.original.jpg

Tanda-tanda Kampas Rem Mobil Aus

/media/images/Oli-Transmisi-Matik.original.jpg

Cara Tepat Menguras Oli Transmisi Mobil Matik