Pameran IEMS 2019.jpg

Pertama di Indonesia, Ragam Kendaraan Listrik Unjuk Gigi di IEMS 2019

Rabu, 4 September 2019 12:00 | Galih Pratama

OTONEWS - Menyambut era mobil listrik di Tanah Air, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) resmi menggelar pameran kendaraan listrik pertama di Indonesia. Bertajuk Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2019, pameran ini berlangsung mulai dari 4 – 5 September 2019 di Balai Kartini, Jakarta.

Pameran ini merupakan upaya untuk memperdalam dan memperluas pemahaman masyarakat Indonesia mengenai kendaraan bermotor listrik sebagai salah satu contoh disruptive technology terbaru.

“Misinya adalah menggugah kesadaran masyarakat bahwa penggunaan kendaraan yang bersifat ramah lingkungan sudah sepatutnya mendapatkan tempat di masyarakat. Respons poisitf dan antusias masyarakat secara luas, saya harapkan dapat tercermin dalam kegiatan ini,” jelas Kepala BPPT Hammam Riza dalam pembukaan acara.

Mobil Listrik.jpg

[Baca Juga: Pemerintah Targetkan 400 Ribu Mobil Listrik Tahun 2025]

Dia melanjutkan, pameran ini seiring dengan fungsi dan peran BPPT, sebagai lembaga pemerintah untuk melakukan pemantauan, pembinaan, dan pelayanan terhadap kegiatan instansi pemerintah serta swasta.

“Instansi swasta khususnya di bidang pengkajian dan penerapan teknologi dalam rangka inovasi, difusi, pengembangan kapasitas, serta membina alih teknologi,” tambahnya.

Masih di kesempatan yang sama, Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan mengatakan, era mobil listrik sudah di depan mata. Ini menjadi momen kebangkitan Indonesia. “Mobil listrik sudah keharusan. Mobil listrik ini kan tinggal mesin listriknya. Saya berharap anak Indonesia bisa membuat baterai dan mobil listrik,” katanya.

Diketahui, IEMS 2019 menyuguhkan seminar, sharing knowledge, dan pengenalan produk kendaraan listrik secara lebih mendalam yang menghadirkan para stakeholder, pakar, akademisi, dan pelaku industri kendaraan listrik.

[Baca Juga: Listrik Sering Padam, Sudah Siapkah Indonesia Pakai Mobil Listrik?]

Ada 45 exhibitor yang ikut meramaikan ajang IEMS 2019. Mulai dari kementerian, BUMN, akademisi, stakeholder, industri komponen pendukung, dan para pelaku industri otomotif merek ternama, yang berasal dari Jepang, Tiongkok, Eropa, dan produk dalam negeri Indonesia hadir untuk memamerkan teknologi dan produk kendaraan listrik.

Acara ini juga sekaligus menjadi garis finish dari perjalanan Tim JAmbore Rally Mobil Listrik ITS Surabaya – Jakarta. Jambore tersebut merupakan rally kendaraan listrik melewati Jalur Selatan sejauh 800 kilometer dari Surabaya menuju Jakarta yang dimulai pada 28 Agustus 2019 lalu.