Operasi Patuh Jaya 2019.jpg

Perhatikan, Ini Titik Lokasi Operasi Patuh Jaya 2019

Kamis, 29 Agustus 2019 17:00 | Galih Pratama

OTONEWS - Mulai dari 28 Agustus – 11 September 2019, Ditlantas Polda Metro Jaya menggelar Operasi Patuh Jaya 2019. Operasi ini bertujuan meningkatkan kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas di wilayah hukum Polda Metro Jaya.

“Salah satu yang menjadi fokus perhatian kita adalah keselamatan dalam lalu lintas yang sering diabaikan. Operasi ini diharapkan bisa mewujudkan pemeliharaan keamanan dan keselamatan dalam berlalu lintas," kata Wakapolda Metro Jaya Brigjen Wahyu Hadiningrat seperti dilansir liputan6.com, Kamis (29/8/2019).

Ada 12 jenis pelanggaran yang menjadi target operasi kali ini. Di antaranya melawan arus, berkendara di bawah pengaruh alkohol, menggunakan ponsel saat mengemudi, tidak menggunakan helm SNI, mengemudikan kendaraan tidak menggunakan sabuk keselamatan, dan melebihi batas kecepatan.

[Baca Juga: Balik Nama Mobil Tak Sulit yang Dikira, Ini Proses dan Biayanya]

Kemudian, berkendara di bawah umur (tidak memiliki SIM), kendaraan roda dua maupun empat yang tidak dilengkapi dengan perlengkapan standar, kerndaraan bermotor toda empat atau lebih yang tidak memenuhi persyaratan laik jalan, berkendara sepeda motor dengan berboncengan tiga orang, kendaraan bermotor roda dua atau empat yang tidak dilengkapi STNK, dan kendaraan bermotor yang memasang rotator atau sirene yang bukan peruntukannya.

Dari rincian 12 pelanggaran tersebut, pihak Polda Metro Jaya mengaku ada tiga pelanggaran yang menjadi prioritas pada Operasi Patuh Jaya kali ini, yakni lawan arus, berkendara di bawah umur atau tak punya SIM, serta pemasangan rotator dan sirene.

Sementara Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Yusuf mengatakan operasi itu bakal digelar di seluruh wilayah Jakarta Raya oleh masing-masing Polres. "Masing-masing polres akan melaksanakan, jadi di mana tempat-tempat yang dalam melaksanakan kegiatan tidak menimbulkan kemacetan," kata Yusuf dilansir cnnindonesia.com.

[Baca Juga: Mobil Berusia 10 Tahun Dilarang Melintas di Jakarta]

Berikut titik-titik Operasi Patuh Jaya 2019 :

  1. Jalan Joglo Raya Jakarta Barat.
  2. Jalan Daan Mogot Mayora Cengkareng.
  3. Jalan Pasar Minggu Raya Robinson Jakarta Selatan.
  4. Jalan Plumpang Raya Jakarta Utara.
  5. Traffic Light Mangga Dua Jakarta Utara.
  6. Jalan ringroad Kembangan Jakarta Barat.
  7. Jalan Lenteng Agung Jakarta Selatan.
  8. Jalan Raya Bekasi Timur Klender Jakarta Timur.
  9. Jalan R Suprapto Jakarta Pusat.
  10. Jalan Benteng Betawi Tangerang Kota.
  11. Jalan Letnan Sutopo Serpong Tangerang Selatan.
  12. Jalan Margonda Raya Depok.
  13. Jalan IR H Juanda Kota Bekasi.
  14. Jalan RE Martadinata Cibarusah Kabupaten Bekasi.
  15. Jalan pelabuhan Pintu 9 dan 8 Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta Utara.
  16. Bandara Soekarno Hatta Jalan P1.