Jarak Aman Mobil.jpg

Perhatikan! Ini Jarak Aman Mobil Saat Mengemudi di Jalan Tol

Kamis, 14 Februari 2019 13:00 | Galih Pratama

Selain harus konsentrasi, menjaga jarak kendaraan saat mengemudi sudah seharusnya dipahami oleh seluruh pengendara. Terutama di jalan tol, menjaga jarak aman kendaraan jadi ‘harga mati’. Jaga jarak dibutuhkan untuk menghindari hal yang tidak kita inginkan seperti kecelakaan. Lalu, bagaimana cara menjaga jarak aman dengan kendaraan lain?

Dilansir dari nissan.co.id pada Kamis (14/2/2019), menurut teori defensive driving, jarak aman mobil pengemudi dengan mobil yang berada di depannya adalah tiga detik. Ada dua alasan mengapa pengemudi harus menerapkan hitungan jarak tersebut.

Pertama, karena waktu tersebut relatif lebih mudah disesuaikan dengan kecepatan kedua mobil. Alasan kedua adalah ketika Anda melakukan pengereman, proses pengereman dengan keamanan dan kenyamanan bagi pengendara membutuhkan waktu selama tiga detik.

[Baca Juga: Mengatasi Blind Spot Saat Mengemudi]

Contohnya, jika kendaraan Anda melaju pada kecepatan 40 kilometer/jam, maka jarak aman yang dibutuhkan adalah 15-30 meter. Makin cepat kendaraan, maka akan semakin jauh (panjang) pula jarak aman yang diperlukan.

Untuk sebagian pengendara, mengukur jarak aman dengan patokan meter sepertinya akan cukup sulit. Karena itulah, selain memakai patokan meter, jarak aman juga bisa diukur dengan memakai patokan detik.

Dengan menjaga jarak aman, pastinya pengemudi bisa lebih mengendalikan mobil dengan baik, terutama menghindari kecelakaan, ketika mengemudi di jalan tol.

Berikut tabulasi jarak minimal dan jarak aman berdasarkan kecepatan mobil di belakang seperti dilansir dari kompas.com.

Kecepatan Kendaraan Jarak Minimal Jarak Aman

30 kilomter/jam (kpj) 15 meter 30 meter

40 kpj 20 meter 40 meter

50 kpj 25 meter 50 meter

60 kpj 40 meter 60 meter

70 kpj 50 meter 70 meter

80 kpj 60 meter 80 meter

Dan seterusnya (dst)