Interior Mobil.jpg

Perawatan Interior Mobil Agar Terhindar Ancaman Virus Corona

Rabu, 18 Maret 2020 12:00 | Galih Pratama

OTOTIPS – Virus Corona atau Covid-19 seolah menjadi ‘hantu’ yang menakutkan. Apalagi kasus virus ini sudah melanda sebagian wilayah Tanah Air. Penyebarannya tak hanya lewat manusia, virus ini bisa saja bersarang di mana dan benda apa saja. Tak terkecuali pada mobil kesayangan Anda.

Tanpa disadari, berbagai kotoran sampai virus penyakit bisa saja terbawa oleh pengendara dari luar lingkungan saat akan masuk ke dalam kabin mobil. Untuk itu, kebersihan kabin mobil mutlak dilakukan demi mencegah virus Corona bersarang di kabin mobil.

Lalu, perawatan interior mobil seperti apa yang harus dilakukan? Otopedia coba memberikan tips perawatan interior mobil yang sederhana dan bisa dilakukan di rumah. Simak ulasannya di bawah ini:

Rutin Bersihkan Jok

Jok.jpg

Pastikan jok selalu dalam kondisi bersih. Selain memberikan kenyamanan, jok yang bersih tentunya akan mengurangi risiko kuman atau virus yang bersarang. Cara membersihkannya pun cukup mudah, bisa mengunakan kemoceng atau lap basah untuk membersihkan permukaan jok.

Agar hasilnya maksimal, gunakan vacuum cleaner untuk mengangkat semua debu yang bersarang di sela-sela jok tempat duduk dan sandaran.

Bersihkan Pijakan Kaki

Bawah Mobil.jpg

Tanpa disadari, kotoran yang menempel pada sandal atau sepatu pengemudi bisa terbawa masuk ke dalam kabin mobil. Terutama pada bagian pedal gas, rem ataupun kopling. Selain terlihat kotor, kadang bau tak sedap muncul dari area ini.

Untuk membersihkanya, bisa menggunakan sapu khusus mobil secara rutin. Kemudian khusus pada bagian pedal, Anda juga bisa membersihkannya dengan lap basah.

Bersihkan Bagian Setir

Setir.jpg

Komponen ini ‘berinteraksi’ langsung dengan kedua tangan. Seperti diketahui, kuman dan kotoran sangat rentan menempel dengan mudah pada tangan. Untuk itu, setir mobil jadi komponen yang selalu sering dibersihkan.

[Baca Juga: Setir Mobil Bergetar? Segera Cek Komponen Ini]

Bersihkan setir mobil dengan lap kain lembap agar debu dan bakteri yang ada pada bagian permukaan kemudi bisa terangkat. Lalu, akhiri dengan menggunakan lap kering. Bersihkan juga bagian-bagian sekitar kemudi yang berinteraksi langsung dengan tangan agar selalu terjaga kebersihannya.

Bersihkan Tuas Transmisi

Transmisi.jpg

Sama halnya dengan setir, tuas transmisi juga bersentuhan lansung dengan tangan si pengemudi. Kebersihan komponen ini juga harus diperhatikan. Caranya juga cukup sederhana. Bersihkan dengan lap kain lembap agar kotoran terangkat.

Bersihkan Lubang Ventilasi AC

AC.jpg

AC berfungsi memberikan udara sejuk dalam mobil. Di balik fungsinya yang penting tersebut, AC yang tak terawat ternyata bisa menghembuskan udara yang disertai bakteri, atau bahkan virus. Biasanya, kotoran ataupun bakteri menempel pada ventilasi AC.

Cara untuk membersihkan ventilasi AC pun cukup menggunakan kemoceng berbahan lembut. Setelah itu, lakukan pengelapan dengan menggunakan lap kain lembap. Jika AC mobil bersih, maka sirkulasi udara di dalam mobil pun ikut bersih dan lebih sehat tentunya.

Bersihkan Dasbor Mobil

Dasbor.jpg

Selain ventilasi AC, bagian dasbor mobil juga perlu dibersihkan. Sering kali kita meletakkan barang seperti makanan atau lainnya di bagian dasbor. Ini bisa membuat permukaan dasbor mobil menjadi kotor.

Anda bisa menggunakan kemoceng untuk membersihkan dasbor. Agar hasilnya sempurna, bisa juga gunakan lap kain lembap dan menyemprotkan anti bakteri.

Buang Sampah

sampah mobil.jpg

Kadang pengemudi ataupun penumpang punya kebiasan buruk membuang sampah di dalam kabin. Kebanyakan mereka membuang sampah di bawah jok atau di sela-sela pintu mobil, dan lupa untuk membuangnya ke tempat sampah di luar mobil.

Apabila ditemukan sampah di dalam mobil, ada baiknya segera untuk membuangnya ke luar atau tempat sampah. Sampah yang menumpuk di mobil akan menjadi sarang penyakit dan mengganggu kesehatan.

Setidaknya itulah enam perawatan interior mobil yang cukup sederhana. Kebersihan interior mobil tentunya akan memberikan kenyamanan Anda ketika berkendara. Jadi, mulai sekarang jangan malas untuk membersihkan interior mobil.

Artikel Lainnya

/media/images/Plafon-Mobil.original.jpg

Tips Mudah Bersihkan Plafon Mobil Saat WFH

/media/images/Ban-Mobil_iQXX7ny.original.jpg

Awas! Ban Mobil Bisa Meledak Akibat Kurang Angin

/media/images/Tips-Berkendara.original.jpg

6 Tips Cegah Virus Corona Saat Berkendara ala Auto2000