pedal-kopling.jpg

Penyebab dan Solusi Pedal Kopling Keras

Selasa, 21 Januari 2020 15:00 | Galih Pratama

OTOTIPS – Teknik mengendarai mobil transmisi manual tentu berbeda dengan otomatis. Pengguna mobil manual dituntut pandai ‘memainkan’ pedal gas dan kopling agar mobil bisa melaju dengan baik. Terkadang, pengguna transmisi manual cukup direpotkan ketika berada dalam kondisi macet, apalagi ditambah pedal kopling terasa keras atau berat.

Kondisi tersebut tentunya akan membuat kaki, khususnya bagian lutut dan pergelangan kaki akan terasa pegal. Kenapa kopling mobil berat atau keras ketika diinjak? Kopling yang keras atau berat diakibatkan oleh banyak faktor. Selain perawatan kurang, kebiasaan mengemudi yang kurang baik jadi biang keladi kopling mobil Anda keras.

Nah, kali ini, Otopedia coba merangkum sejumlah penyebab sekaligus solusi mengapa pedal kopling mobil berat atau keras ketika diinjak. Berikut ulasannya:

1. Kampas Kopling

Kampas kopling merupakan komponen yang memiliki masa usia pemakaian. Jika kampas kopling aus atau tipis, tentu akan menimbulkan masalah bila tak segera diganti. Salah satu penyebabnya bisa menbuat kopling teras keras ketika diinjak.

[Baca Juga: Hindari Tiga Kebiasan ini Agar Kopling Tidak Mudah Rusak!]

Untuk itu, sedini mungkin, para pemilik mobil sejatinya harus mengetahui tanda-tanda kopling mobil akan habis. Dua di antaranya adalah mobil kehilangan tenaga dan sering mengeluarkan bau hangus, meskipun jalanan yang kita lewati masih dalam keadaan normal, tidak menanjak.

Jika sudah begitu, pemilik mobil harus segera menggantinya. Pilih kampas kopling mobil sesuai dengan bawaan mobil.

2. Release Bearing (Laher Kopling)

Komponen ini berperan untuk menekan plat pegas diagfragma yang terdapat pada cover clutch (matahari). Apabila komponen ini rusak, sangat berpengaruh terhadap kinerja kopling. Salah satu tandanya adalah ketika menginjak pedal kopling akan terasa berat atau keras. Cara untuk mengatasinya adalah dengan dilakukan penggantian terhadap komponen tersebut.

3. Cover Clutch (Matahari)

Seperti halnya kampas kopling, komponen ini juga memiliki masa usia pemakaian. Jika sudah lama atau tua, komponen ini diyakini menjadi salah satu penyebab kopling berat atau keras. Masalah ini akan timbul ketika pegas penekan plat kopling sudah mulai melemah.

Untuk memperbaikinya, sebaiknya komponen tersebut segera diganti. Saat pergantian, usahakan mengembalikan kopling mobil seperti keadaan semula.

4. Kabel Kopling

Komponen ini ternyata bisa menjadi penyebab kopling keras atau berat ketika diinjak. Masalah yang muncul biasanya disebabkan kabel atau kawat baja pada kabel kopling 'seret'. Jarang dilumasi oli, membuat kabel kopling mobil menjadi kering dan berujung pedal kopling terasa berat.

Cara mengatasinya pun dinilai cukup mudah. Anda hanya lumuri kabel dengan pelumas atau serbuk khusus untuk meminimalisir gesekan dengan selang pembungkus kabel kopling. Namun, jika sistem kopling mobil Anda sudah mengusung model hidrolik yang memanfaatkan tekanan cairan, sepertinya tak perlu lagi memperhatikan kabel-kabel lagi, karena peranannya sudah tergantikan oleh master kopling.

5. Komponen Kopling Kering

Kekeringan pelumasan pada komponen kopling seperti release bearing, atau dudukan release bearing dan per matahari. Untuk itu, pemilik mobil harus segera memberikan pelumasan pada komponen tersebut untuk mengurangi beratnya pedal kopling mobil saat diinjak.

6. Kebiasaan Buruk Berkendara

Kebiasaan buruk menggunakan koling mobil, misalnya menginjak dan melepas kopling secara kasar bisa menyebabkan komponen kopling mengalami masalah. Bila sering dilakukan, pelat atau piiringan kopling terhadap roda gila akan terasa lebih keras dan mempercepat keausan pada sistem kopling.

Selain itu, kebiasaan menginjak setengah kopling saat macet atau saat berada dalam dalam situasi jalan menanjak, terlalu sering menginjak kopling, dan posisi gigi transmisi tidak sesuai, menjadi kebiasaan buruk yang mempercepat kerusakan pada kopling.

[Baca Juga: Hentikan Kebiasaan Kaki Menempel di Pedal Kopling]

Itulah penyebab dan solusi mengatasi pedal kopling yang terasa keras atau berat ketika diinjak. Dari penjelasan di atas, bisa ditarik kesimpulan bahwa setiap pemilik mobil harus selalu memperhatikan komponen kopling dan hindari kebisaan buruk dalam berkendara. Semoga bermanfaat.

Artikel Lainnya

/media/images/Otonew-Ini-Bedanya-Mobil-Biasa-dan-Hybrid-Galih.original.jpg

Tips Mudah Merawat Mobil Hybrid

/media/images/Kendaraan-Niaga-Mercedes-Benz.original.jpg

Tips Merawat Kendaraan Niaga Selama Tak Beroperasi

/media/images/Minyak-Rem.original.jpg

Tanda-tanda Minyak Rem Mobil Wajib Diganti