Headlamp Redup.jpg

Penyebab dan Solusi Mudah Atasi Headlamp Redup

Kamis, 31 Januari 2019 17:00 | Inggil Yustiar

Sebagai salah satu komponen vital pada mobil, kualitas headlamp harus terjaga. Kegunaannya sebagai lampu penerang jalan pun sangat diperlukan ketika kondisi jalanan gelap. Dengan kualitas headlamp yang terjaga dengan baik ini pengemudi akan merasa aman saat berkendara.

[Baca Juga: Lampu Mobil Kusam, Ini Cara Mudah Membersihkannya]

Namun, pemilik mobil juga perlu tahu ada beberapa kendala yang membuat headlamp menjadi redup secara tiba-tiba. Kebanyakan orang pasti beranggapan hal ini terjadi karena bohlam yang bermasalah. Akan tetapi, bukan hanya itu saja yang membuat bohlam redup. Dilansir dari showroommobil.com berikut adalah beberapa faktor yang mempengaruhi redupnya headlamp mobil, dan solusi untuk mengatasinya.

  1. Sekring Putus

kebanyakan kasus yang membuat headlamp redup adalah sekring yang putus. Untuk mengetahui kasus ini, Anda bisa cek kelistrikan di dalam mobil, atau tepatnya rumah sekring yang ada pada sebuah wadah di bawah setir mobil. Bentuk dari sekring sendiri seperti dua jari jari, kemudian Anda cari sekring yang berkaitan dengan lampu cek apakah memang putus, atau tidak.

Sekring Putus.jpg

Untuk mengatasi masalah tersebut Anda bisa memperbaikinya dengan cara melilitkan dua helai serabut logam di dalam kabel terminal satu ke lainnya. Setelah itu, pasangkan kembali sekring lampu tersebut, dan Anda bisa mencoba menyalakan lampu mobil kembali. Ingat cara ini bisa dilakukan untuk kondisi darurat. Karena sebaiknya, ganti sekring putus dengan yang baru.

2. Relay Mati

Relay Mati.jpg

Untuk mengetahui relay yang mati, Anda bisa memegang relay dengan jari. Kemudian, operasikan switch lampu utama. Pastikan saat mengoperasikan switch, relay akan berbunyi klik. Jika Anda tidak mendengar bunyi tersebut, maka dapat diketahui bahwa switch bermasalah bisa jadi kabel putus atau relay mati. Pada relay yang mati, Anda bisa mencoba relay yang baru kemudian lakukan langkah awal seperti di ulasan sebelumnya. Jika menggunakan relay yang baru headlamp kembali terang, maka Anda tinggal mengganti relay yang rusak pada mobil Anda.

3. Kualitas Bohlam Jelek

Bohlam yang dijual dengan harga murah, belum tentu memiliki kualitas yang bagus. Pada dasarnya, kualitas lampu yang digunakan akan sangat memengaruhi kerja headlamp. Jika Anda menggunakan bohlam lampu dengan kualitas yang baik, maka hasil yang diberikan pun akan maksimal.

Bohlam Jelek.jpg

Meskipun harga bohlam yang bagus biasanya terbilang mahal, namun jika dibandingkan dengan membeli bohlam lampu berkualitas kurang baik terus menerus maka dapat merugikan diri Anda. Bisa Anda bayangkan bohlam, dengan kualitas jelek tidak akan bertahan lama, sehingga Anda harus membeli dua hingga tiga kali. Berbeda saat Anda membeli bohlam dengan kualitas bagus. Cukup membeli satu kali bohlam akan bertahan untuk waktu yang lama.