Penyebab dan Solusi Memperbaiki Asap Knalpot Hitam .jpg

Penyebab dan Solusi Memperbaiki Asap Knalpot Hitam

Rabu, 30 Januari 2019 14:00 | Inggil Yustiar

Keluarnya asap hitam pekat pada knalpot mobil sering membuat sang pemilik khawatir. Munculnya asap tersebut dapat disebabkan karena mesin terlalu banyak membakar bahan bakar. Selain dapat mengganggu pengendara lain, asap yang terlalu hitam juga menandakan adanya kerusakan pada mesin mobil.

Sebaiknya, Anda segera memeriksa komponen dan filter udara, terutama pada bagian sensor dan injeksi bahan bakar. Jika tidak, mesin akan boros bahan bakar. Asap hitam juga dapat berpengaruh pada lingkungan sekitar Anda, di antaranya dapat merusak lapisan tembok jika Anda menaruh mobil dekat dengan dinding.

[Baca Juga: 4 Tips Memilih Oli Mesin yang Tepat]

Penyebab asap knalpot hitam ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Seperti dilansir dari autoexpose.org, berikut ini adalah faktor-faktor yang dimaksud:

- Terlalu banyak campuran bahan bakar sehingga menyebabkan adanya bensin yang tidak bercampur dengan molekul udara. Ketika busi menyala, bensin tersebut tidak terbakar. Jika terlalu banyak bensin yang terbakar pada ruang bakar, maka asap kendaraan akan jauh lebih pekat.

- Filter udara yang sudah dipenuhi oleh debu dan kotoran dapat membuat aliran udara pada intake penuh, sehingga menyumbat beberapa saluran penting.

Solusi asap knalpot hitam.jpg

- Kerusakan pada katup pengatur kecepatan idle. Sistem kerja katup ini akan mengatur udara yang melewati saluran idle di dalam throttle body. Sehingga ketika katup gas tertutup, maka udara mengalir melewati idle port dan langsung menuju intake manifold. Jika pasokan udara tertahan dan bensin tetap terus disuplai dengan volume yang sama, maka dapat menyebabkan campuran yang berpotensi menghasilkan emisi gas buang yang pekat.

Untuk memperbaiki knalpot mobil yang berasap hitam cukup mudah. Anda hanya perlu menyetel ulang campuran bahan bakar dari baut penyetel di karburator. Selain cara tersebut, terdapat solusi lain yang dapat membuat asap hitam pada mobil Anda hilang. Solusi yang dimaksud adalah:

  1. Bersihkan ruang silinder yang mana menjadi tempat masuknya bahan bakar. Kelebihan pada sisa bahan bakar menjadi salah satu penyebab asap knalpot yang berwarna hitam pekat. Anda bisa membawanya ke bengkel mobil untuk membersihkan komponen tersebut.
  2. Rutin mengganti oli paling tidak satu atau dua bulan sekali. Dengan rutin mengganti oli, mesin mobil akan lebih bersih sehingga mobil dapat berjalan dengan baik, begitu juga dengan sistem kerja knalpot pada mobil Anda.
Mengganti oli mobil.jpg

3. Membuka katup pengatur udara yang terletak pada throttle body, kemudian bersihkan katup tersebut. Jangan lupa bersihkan saluran aliran udara memakai karbu cleaner. Cairan tersebut dapat menghilangkan kerak dan kotoran pada komponen katup pengatur udara.