Mercedes-Benz X-Class.jpg

Penjualan Anjlok, Mercedes-Benz X-Class Akan Setop Produksi

Senin, 3 Februari 2020 16:00 | Galih Pratama

OTONEWS – Kabar mengejutkan datang dari pabrikan otomotif asal Jerman, Mercedes-Benz. Dalam hitungan beberapa bulan ini, mereka akan menghentikan produksi mobil model pick up-nya, yakni Mercedes-Benz X-Class. Padahal, pick up mewah ini baru diluncurkan pada 2017 silam.

Berdasarkan laporan dari CarAdvice, yang dilansir dari carscoops.com, Senin (3/1/2020), pabrikan asal Jerman itu berencana menghentikan produksi sekaligus pemasaran Mercedes-Benz X-Class.

“Telah diputuskan bahwa sejak akhir Mei 2020, kami tidak akan lagi memproduksi model yang relatif muda ini. Kami tentu saja akan melayani permintaan X-Class saat ini. Selain itu, cakupan layanan dan garansi akan terus dijamin oleh Mercedes-Benz Vans," tulis pernyataan Mercedes-Benz.

Interior X Class.jpg

Pada pertengahan 2019 lalu, rumor disetopnya produksi X-Class telah ramai diperbincangkan. Masalah kurangnya minat pasar atau penjualan yang tak sesuai dengan target, jadi alasan mengapa pick up yang mengambil platform Nissan Navara ini tidak akan dipasarkan lagi.

Berdasarkan catatan Mercedes-Benz, penjualan X-Class pada 2018 hanya terjual 16.700 unit di pasar Eropa, Australia, dan Afrika Selatan. Selang satu tahun kemudian, angka penjualannya makin merosot jauh, hanya terjual 8.000 unit.

Kondisi penjualan tersebut, membuat Mercedes-Benz berpikir ulang untuk memasarkan pick up ini ke pasar Amerika Serikat. Rencana memproduksi mobil ini di pabrik Renault-Nissan di Argentina untuk pasar Indonesia pun pupus.

Mesin X-Class.jpg

Diketahui, Mercedes-Benz X-Class tersedia dalam tiga varian. Pertama, ada varian X220 d yang dibekali mesin diesel milik Renault berkapasitas 2.3 liter empat silinder yang menghasilkan tenaga 163 hp. Lalu, ada varian X250 yang menggunakan mesin sama seperti X220 d, tapi tenaganya lebih besar, yakni 190 hp. Varian tertinggi, adalah X350 d yang disematkan mesin V6 3.0L turbodiesel yang mampu memuntahkan tenaga 258 hp. Mesin tersebut dikawinkan dengan transmisi otomatis 7-speed dan 4Matic AWD.

[Baca Juga: 3 Mobil Double Cabin Tangguh di Segala Medan]

Sementara untuk harganya, melansir dari cintamobil.com, harga yang paling murah untuk pasar Australia dimulai dari Rp673 jutaan. Sedangkan untuk varian tertinggi, X-Class X350d 4MATIC dengan harga Rp1,175 miliar.

Artikel Lainnya

/media/images/Kia-Rio-Facelift-2.original.jpg

Kia Rio Facelift Kini Usung Mesin Hybrid Ringan

/media/images/Hyundai-Santa-Fe-Facelift.original.jpg

Hyundai Santa Fe 2021 Tak Sekadar Facelift