Charge Mobil Listrik.jpg

Pemilik Kendaraan Listrik dapat Diskon Tarif PLN, Simak Syaratnya

Kamis, 5 September 2019 10:00 | Galih Pratama

OTONEWS - Era kendaraan listrik di Indonesia telah dimulai. Hal ini membuat Perusahaan Listrik Negara (PLN) pun turut andil dalam mendukung percepatan elektrifikasi. Mereka memberikan diskon tarif listrik khusus untuk masyarakat yang memiliki kendaraan listrik, baik mobil maupun motor.

“Sekarang, pemilik mobil maupun motor berbasis listrik yang mau ngecas kendaraannya di rumah akan kami berikan diskon 30 persen tarif biaya listrik,” ujar Andika Rama Erdi Pratama selaku AS Stakeholder Management PLN saat di ajang IEMS 2019 di Balai Kartini, Jakarta, Rabu (4/9/2019).

Dijelaskannya, diskon tarif listrik ini diberlakukan bagi pemilik mobil maupun motor listrik yang melakukan isi daya ulang baterai kendaraannya pada malam hari mulai pukul 22.00 – 04.00 WIB. “Jadi, kalau mau ngecas mobil atau motor di jam segitu, baru kami diskon. Program ini berlaku dari sekarang hingga Desember 2019,” tambahnya.

Unit Charge Mobil Listrik.jpg

[Baca Juga: Pertama di Indonesia, Ragam Kendaraan Listrik Unjuk Gigi di IEMS 2019]

Mengenai daya listrik, kata Andika, untuk meng-charge mobil listrik memang memerlukan kapasitas daya listrik yang disesuaikan spesifikasi kendaraan. Untuk itu, menurutnya, pemilik mobil listrik minimal harus memiliki kapasitas daya listrik rumahnya mencapai 2.200 volt ampere (AV).

“2.200 bisa dan aman kok. Cuma AC, kulkas harus dimatiin dulu kalau mau charge. Kalau lebih aman 5.500 atau 7.700 pasti lebih cepat ngecasnya,” jelas Andika.

Sementara bagi pemilik mobil listrik yang ingin menambah daya listrik rumahnya, PLN juga tidak memberikan biaya gratis atau mendapatkan diskon 100 persen. “Berapa pun tambah dayanya, kami berikan biaya gratis (khusus mobil listrik). Kalau motor lisrik, dapat potongan harga tambah dayanya 75 persen,” tambah Andika.

[Baca Juga: Perpres Mobil Listrik Resmi Diundangkan, Ini Rincian Isinya]

Syarat Diskon Tarif Listrik

Lalu, bagaimana prosedur untuk mendapatkan diskon tarif listrik 30 persen? Menurut Andika, caranya cukup mudah. Pemilik mobil ataupun motor listrik harus registrasi melalui telepon ke PLN atau bisa langsung datang ke kantor PLN terdekat.

“Syaratnya Cuma tunjukkin bukti pembayaran dan surat-surat lengkap mobil atau motor listrik yang dimiliki pelanggan. Bisa telepon atau datang langsung ke PLN terdekat,” tutupnya.