Parking-Brake.jpg

Parking Brake

Rabu, 6 Februari 2019 16:00 | Inggil Yustiar

Pengertian

Parking Brake atau rem parkir merupakan sebuah sistem pengereman pada mobil. Umumnya, rem parkir berfungsi menahan mobil bergerak ketika parkir di jalan yang miring. Rem parkir juga digunakan ketika mobil jalan menanjak atau menurun. Setiap kendaraan roda empat telah disematkan rem parkir, tergantung dengan jenis dan tipenya.

Cara Kerja

Sistem kerja pada rem parkir ini ada dua tipe, yakni pengereman roda belakang dan center brake. Pada dasarnya, dua tipe tersebut memiliki mekanisme kerja yang sama. Tuas rem parkir diletakkan dekat dengan tempat duduk pengemudi, sehingga pengemudi akan mudah menekan tuas rem parkir.

Ketika tuas rem parkir ditarik, maka kabel rem parkir akan memindahkan gaya tarik dari tuas ke rem. Pada tipe rem parkir roda belakang, bagian tengah kabel dilengkapi dengan equalizer yang berfungsi untuk menyamakan gaya pengereman pada kedua roda belakang. Mekanisme sambungan rem parkir juga dilengkapi dengan tuas intermediate yang beguna menambah daya operasi rem tersebut.

equalizer-Parking-Brake.jpg

Tipe Rem Parkir

  • Tuas Batang

Pada tipe rem parkir tuas batang, rem terletak di bawah dasbor dan sisi kaki pengemudi. Untuk menggunakan rem ini ialah dengan menarik ujung tuas. Rem parkir tipe batang ini banyak disematkan pada mobil lawas dan mesin berkepasitas kecil. Kelemahan pada tipe ini adalah pengemudi harus membungkuk terlebih dahulu untuk mengaktifkan maupun menonaktifkan rem.

  • Tuas Dongkrak

Mobil-mobil modern pada umumnya menggunakan tuas dongkrak sebagai rem parkir. Posisi pada rem ini berada di samping jok pengemudi, sehingga lebih mudah untuk digunakan. Cara menggunakannya pun cukup mudah hanya dengan menarik tuas rem parkir ke atas maka akan otomatis aktif, sementara untuk menonaktifkannya tekan tombol pada ujung rem dan menaruhnya kembali ke bawah.

  • Model Pedal

Tipe rem parkir pedal memiliki cara kerja yang hampir serupa dengan rem parkir tuas. Hanya saja, posisi rem pedal terletak di samping kiri pedal kopling. Cara penggunaannya pun cukup ditekan menggunakan kaki, dan untuk membebaskannya hanya menginjak kembali pedal rem parkir tersebut sedikit lebih dalam, hingga pedal rem terangkat pada posisi semula.

  • Rem Elektrik

Untuk menggunakan rem ini cukup dengan memainkan tombol rem parkir dengan ditekan, dan angkat ke atas untuk menonaktifkannya. Pada rem ini, kabel seling sudah tidak digunakan lagi. Penggantinya adalah motor elektrik dan sensor canggih. Beberapa jenis mobil memiliki aturan aktiavasi yang berbeda-beda untuk rem elektrik ini.

  • Tuas Geser

Tipe rem geser ini banyak disematkan pada kendaraan berat. Meskipun begitu ada pula mobil konvensional seperti Honda CR-V yang menggunakan rem ini. Cara aktivasi rem ini cukup dengan menggeser ruas rem, dan geser ke arah berlawanan untuk menonaktifkannya.

  • Brake Hold

Fitur rem yang terbilang canggih ini, hanya disematkan pada mobil kelas premium. Biasanya di mobil yang menggunakan rem parkir elektrik terdapat pula fitur auto brake hold. Kombinasi sistem pengereman ini bertujuan agar pengemudi mobil tidak selalu menginjak pedal rem.

Kecanggihan pada rem ini, jika mobil dalam posisi berhenti saat menginjak pedal rem, maka dilepas posisi mobil tetap berhenti, walaupun tuas transmisi ada di posisi ‘D’. Sebab saat brake hold diaktifkan, maka komputer mobil akan otomatis mengirim sinyal ke modul ABS yang berada di keempat roda mobil. Sehingga, keempat rem pada masing-masing roda akan aktif.

[Baca Juga: Blok Silinder]