overboost.jpg

OVERBOOST

Jumat, 8 Februari 2019 15:00 | Inggil Yustiar

Pengertian

Overboost adalah boost yang berlebihan. Pada fitur mobil yang menggunakan overboost memungkinkan mesin menghasilkan tenaga dan torsi yang lebih besar. Pada umumnya mobil-mobil yang dilengkapi dengan fitur seperti ini biasanya adalah mobil kencang.

Saat overboost aktif, ECU akan membuat turbo menghasilkan boost penuh, sehingga memaksa udara yang jumlahnya lebih banyak masuk ke ruang bakar. Dalam arti lain lebih banyak udara, maka efek pembakaran semakin besar dan tenaga akan menjadi lebih besar juga. Biasanya fitur overboost akan dipakai ketika ingin menyalip mobil lain dengan cepat atau butuh akselerasi instan saat keluar dari belokan, terutama saat di sirkuit. Oleh karena itu fitur ini banyak dipakai oleh para pembalap mobil.

Memasang Overboost Pada Mobil Turbo

Kebanyakan orang pasti bertanya, apakah bisa mobil turbo dipasang overboost? Jawabannya adalah bisa. Hanya saja perlu diingat jika mobil turbo biasay yang orientasinya tidak menonjolkan perfoma yang tinggi, sebut saja Ford Fiesta Ecoboost, Chevrolet Trax, Honda Civic Turbo dan mobil lainnya mempunyai komponen mesin yang didesain beda.

turbo overboost.jpg

Lain halnya dengan Hot Hatch, Sportcar atau Supercar yang kemungkinan memakai piston, blok mesin dan turbo dimana komponennya lebih kuat saat overboost diaktifkan. Kesimpulannya overboost tentu bisa saja dipakai pada mobil turbo biasa, ada beberapa bengkel yang sanggup mengerjakannya. Namun, perlu diperthatikan juga overboost pada mobil turbo biasa tidak akan menyamai dengan mobil yang telah disematkan fitur overboost pada pabrik aslinya.

[Baca Juga: Overheating]