Offset-velg.jpg

OFFSET

Rabu, 6 Februari 2019 15:00 | Inggil Yustiar

Pengertian

Offset velg atau biasa ditulis ET merupakan ukuran dari perhitungan lebar velg dibagi dua sama rata, dan titik tengah pada hasil dari pembagian tersebut adalah patokan offset bernilai nol. Jika nilai offset semakin besar atau positif dapat membuat bagian velg yang berhubungan dengan teromol atau cakram roda semakin ke luar. Sehingga sisi velg yang mengarah ke dalam mobil akan mengenai ruang spakbor bahkan shockbreker. Pada umumnya hal tersebut akan terjadi ketika saat belok hingga mentok. Sebaliknya jika nilai offset semakin kecil atau negatif dapat membuat bagian velg semakin ke dalam dan membuat velg terpasang dengan posisi lebih lebar dari body mobil. Hal tersebut membuat body mobil lebih cepat kotor bahkan ban bisa mengenai bibir luar spakbor, ketika roda sedang mengayun.

Menjadi salah satu faktor paling sulit untuk mendapatkan wheel fitment yang sesuai, pemilihan offset sangat lah berpengaruh pada tampilan luar mobil agar indah dilihat ketika mengganti velg. Memilih velg dengan offset yang tepat sangat penting, karena salah offset berisiko merusak komponen kaki-kaki hingga potensi ban meledak.

wheel-fitment.jpg

Cara Menemukan Offset Standar Mobil

Untuk menemukan offset yang asli pada rancangan sebuah mobil, adalah kunci untuk mengganti velg. Dengan begitu empunya mobil tidak akan terasa berubah dratis ketika berkendara. Dilansir dari NMAA pada BMW misalnya, pabrikan asal Bavaria ini dikenal dengan nilai angka offset yang berbeda di seluruh lini produknya. Bahkan BMW juga terkenal dengan velg yang berbeda offset untuk depan dan belakang.

Memanfaatkan internet adalah salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengganti fungsi buku manual sebagai pedoman pada mobil, termasuk ketika mencari tahu offset standar dari sebuah mobil.

OFFSET.jpg

Bahaya Memilih Offset

Risiko ketika memilih velg dengan offset yang salah, dapat membuat velg terpasang jauh di dalam fender roda. Sehingga menyebabkan tepi bagian velg dalam bisa bergesekan dengan sistem suspensi yang tentu berbahaya. Sebalikya jika velg terpasang terlalu jauh keluar dari fender, dapat menyebabkan dinding ban bergesekan dengan fender. Dilansir dari Carmudi hal tersebut dapat memperpendek umur atau bahkan merobek ban dan merusak bentuk fender.

Pada dasarnya angka offset dari velg yang baru tidak lebih dari lima. Jika besarnya offset velg OEM sekitar 15, berarti pilihan velg baru sebaiknya memiliki offset 10 atau 20. Perlu diingat juga bahwa mengubah besaran offset secara drastis akan berpengaruh pada pengendaraan mobil.

Bahaya-Memilih-Offset.jpg

[Baca Juga: Bumper]