Odometer.jpg

Odometer

Minggu, 27 Januari 2019 15:00 | Galih Pratama

Odometer adalah alat untuk menunjukkan jarak yang ditempuh oleh kendaraan, baik mobil maupun motor. Odometer juga digunakan untuk mengetahui kapan waktunya mengganti oli dan servis kendaraan. Letaknya berada di dashboard speedometer.

Angka yang tertera dalam odometer umumnya dalam satuan kilometer (km). Jika pada odometer tertera angka 50500, itu artinya kendaraan tersebut sudah menempuh jarak 50.500 km. Sedangkan cara kerja odometer terbagi menjadi dua, yakni mekanik dan elektronik.

[Baca Juga: Eco Lamp]

Odometer Mekanik

Odometer mekanik diputar oleh kabel fleksibel yang terbuat dari logam panjang yang dapat berputar. Odometer mekanik memiliki sifat rewindable, yaitu ketika menjalankan mobil atau mobil mundur, maka otomoter juga akan menghitung mundur atau pengurangan karena pengaruh dari gir dan gigi.

Odometer Elektronik

Odometer elektronik bekerja dengan sistem komputerisasi. Komputer akan menghitung tegangan yang terjadi sebagai acuan untuk menghitung jarak yang ditempuh kendaraan. Untuk menunjang kerja jenis odometer ini, salah satu frame roda kendaraan ditempelkan atau diletakkan magnet khusus. Magnet itu akan memberikan sinyal untuk menghitung jarak yang ditempuh kendaraan ketika roda berputar.

Referensi: gridoto.com