GPS Navigasi.jpg

Navigation System

Minggu, 27 Januari 2019 14:00 | Galih Pratama

Navigation System atau sistem navigasi adalah perangkat navigasi kendaraan modern yang digunakan untuk memandu perjalanan dari suatu tempat ke suatu tujuan tertentu. Aplikasi sistem ini menggunakan perangkat digital dan informasi posisi yang dibantu dengan satelit Global Positioning System (GPS). Pada mobil keluaran terbaru, sistem navigasi menjadi perlengkapan lazim dijumpai dan telah menjadi standar kendaraan mewah.

Jenis Sistem Navigasi

GPS Navigasi

Jenis navigasi ini sebagai penunjuk jalan, serta dilengkapi dengan suara yang memandu arah mana yang akan dituju seperti di Google Map. Dalam jenis navigasi ini juga terdapat beberapa fasilitas seperti game, radio, pemutar musik serta terkoneksi dengan kamera belakang mobil.

[Baca Juga: Back Sonar System]

GPS Tracker

GPS Tracker memiliki tingkat akurasi dan data perjalanan lebih rinci. Ini tak lepas dari dukungan sinyal Global System for Mobile Communications (GSM) dan GPS yang disematkan pada GPS Tracker. Selain itu, jenis GPS ini juga memiliki fungsi dan kelebihan berupa penambahan fasilitas keamanan. Contohnya jika mobil Anda dicuri atau disalahgunakan oleh oknum, GPS Tracker akan menunjukkan atau memantau kendaraan secara real time.

Referensi: wikipedia.org, teknik.otomotif.com