Naturally Aspirated.jpg

Naturally Aspirated

Minggu, 27 Januari 2019 13:00 | Galih Pratama

Naturally Aspirated (NA) adalah sebuah metode atau modifikasi untuk meningkatkan performa mesin mobil. Metode ini bisa dilakukan secara bertahap. Misalnya menambahkan komponen balap bolt on yang meliputi filter udara, knalpot, kabel busi, dan lainnya.

Metode Naturally Aspirated dinilai lebih terjangkau jika dibanding dengan metode Force Induction (FI). Modifikasi yang disebut juga dengan induksi paksa ini umumnya dilakukan dengan cara mencangkok turbocharger, supercharger, atau twincharger.

[Baca Juga: Japan Domestic Market]

Khusus metode Naturally Aspirated, tak bisa dilakukan secara sembarang dan butuh perhitungan yang tepat dalam mengaplikasikannya.

Berikut adalah tahapan yang harus diperhatikan untuk mengaplikasikan metode Naturally Aspirated.

1 Pastikan Mesin Sehat

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah memastikankan mesin mobil yang akan dimodifikasi dengan metode Naturally Aspirated dalam kondisi sehat. Untuk itu, ada baiknya dilakukan general tune up yang meliputi penyetelan celah klep, ganti busi, ganti filter oli, dan filter bensin. Komponen lain yang harus diperhatikan adalah kopling mobil. Pastikan bahwa kopling mobil dalam kondisi baik.

2 Komponen Balap

Langkah selanjutnya adalah dengan pemasangan komponen balap. Seperti filter udara, header, knalpot, kabel busi, dan lainnya. Selain itu, bagian pengapian mesin juga bisa di-upgrade. Komponen pengapian yang bisa di-upgrade adalah koil dan busi.

[Baca Juga: Kondensor]

3 Modifikasi Ekstrem

Salah satu modifikasi ekstrem yang bisa dilakukan dengan metode Naturally Aspirated adalah mengganti camshaft dan piston hi-compression.

4 Bobot Mobil

Pengurangan bobot mobil diyakini akan membantu akselerasi mobil lebih ringan. Namun risikonya akan mengurangi kenyamanan mobil, khususnya jika dipakai untuk harian.

Pengerjaan modifikasi mobil dengan metode Naturally Aspirated memakan waktu sekira satu hingga dua minggu. Waktu tersebut tergantung jenis dan kondisi mobil.

Referensi: carmudi.co.id