Musim Hujan Tiba, Pengendara Mobil Wajib Perhatikan Hal ini!.jpg

Musim Hujan Tiba, Pengendara Mobil Wajib Perhatikan Hal ini!

Selasa, 1 Januari 2019 10:00 | Inggil Yustiar

Awal tahun 2019 Kota Jakarta sedang diguyur hujan. Kala hujan deras jalanan tidak terlihat baik dan juga aspal jalan menjadi licin. Keadaan musim hujan menjadi berbahaya bagi pengendara mobil, tidak seperti saat cuaca cerah. Hujan bisa menjadi pengaruh ketika sedang mengemudi bahkan tidak sedikit pula terjadinya kecelakaan.

Seringnya kondisi tersebut disepelekan oleh banyak pengendara mobil. Bahkan ada yang enggan membawa mobil mereka ke bengkel sebelum mobil mereka benar-benar rusak. Hal tersebut membuat mobil semakin berbahaya.

[Baca Juga: Solusi Pedal Gas Mobil yang Tersangkut]

Sebelum terjadi hal yang tidak diinginkan, ada baiknya Anda simak artikel berikut, beberapa hal yang harus diperhatikan bagi pengendara mobil saat musim hujan di antaranya:

  1. Periksa Kondisi Ban

Ketika hujan turun otomatis akan membuat jalanan terasa lebih licin dari biasanya. Hal yang paling harus Anda perhatikan yakni kondisi ban mobil Anda. Bisa dibilang ban adalah salah satu komponen paling penting, yang harus diperhatikan terlebih dahulu ketika membawa kendaraan saat hujan. Ban mobil sendiri memiliki pola dan juga ulir yang berfungsi agar ban bisa berjalan dengan baik pada kondisi hujan ataupun berlumpur.

Untuk melakukan pengecekan pada kondisi ban, Anda dapat melihat tekanan anginnya pada masing-masing ban. Jangan sampai ban mobil Anda kempes ketika sedang digunakan dalam menempuh perjalanan yang cukup jauh.

Musim Hujan Tiba, Pengendara Mobil Wajib Perhatikan Hal ini!.jpg

Kedua, Anda juga harus melakukan pengecekan pada ban mobil apakah masih bagus atau tidak. Jika karet ban sudah tipis, aspal jalan yang licin membuat ban lebih sensitif dari biasanya, sebaiknya segera diganti sebelum terjadi hal yang tidak diinginkan di jalan raya.

2. Periksa Lampu

Dalam keadaan hujan lebat, kondisi pandangan menjadi kurang jelas. Oleh karena itu Anda harus perhatikan lampu pada mobil. Dimulai dari lampu depan terlebih dahulu, pastikan keduanya menyala dengan baik karena lampu depan sangat dibutuhkan. Apabila lampu utama Anda redup atau tidak menyala dengan terang ada baiknya untuk segera diganti, agar pandangan Anda jelas ketika mengendara saat hujan.

Musim Hujan Tiba, Pengendara Mobil Wajib Perhatikan Hal ini!.jpg

Selanjutnya, pastikan juga lampu rem menyala dengan baik, dengan kondisi penglihatan yang terbatas bagi pengendara mobil. Lampu rem dan lampu sen (tanda belok) yang baik akan memberitahu pengendara mobil di belakang Anda. Dengan demikian risiko terjadinya terkena tabrakan akan berkurang.

3. Periksa Kontrol Utama

Kontrol utama pada mobil, yakni bagian kemudi, pegal gas, pedal rem, dan kopling. Pastikan semua bagiannya dapat berfungsi dengan sangat baik dan tidak ada satupun yang macet. Semakin besar risiko terjadinya hal yang tidak diinginkan apabila bagian kontrol utama pada mobil tidak berfungsi dengan baik.

Musim Hujan Tiba, Pengendara Mobil Wajib Perhatikan Hal ini!.jpg

Segera perbaiki bagian kontrol utama mobil Anda, apabila setelah melakukan pengecekan terdapat kerusakan. berikan juga perawatan ekstra pada setiap bagiannya, khususnya saat musim hujan agar risiko terjadinya kecelakaan semakin berkurang.

4. Periksa Wiper

Bagian pada mobil ini penting ketika berkendara saat hujan. Wiper berguna untuk membersihkan bagian kaca depan dan belakang dari kotoran, debu, minyak, binatang kecil atau air hujan. Jika pada mobil tidak ada wiper, maka saat mobil melintasi jalan yang sedang hujan deras, air hujan dapat mengembun di permukaan kaca yang dapat menghalangi pandangan pengemudi. Sehingga ketika pandangan pengendara semakin berkurang risiko terjadinya kecelakaan akan semakin besar.

Musim Hujan Tiba, Pengendara Mobil Wajib Perhatikan Hal ini!.jpg

Untuk membersihkan karet pada wiper yang sudah kotor atau berkarat Anda bisa membasuhnya menggunakan alkohol agar lebih bersih. Namun apabila karet pada wiper sudah terlihat retak sebaiknya Anda ganti agar tetap bisa melihat jelas saat kondisi hujan.

5. Kendarai Mobil dengan Hati-hati

Perlu diperhatikan pula cara mengemudi Anda saat turun hujan. Banyak pengemudi yang menyepelekan hal ini sehingga terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Kondisi ketika hujan dapat menyebabkan mobil selip. Dilansir dari detik.com setidaknya dalam kondisi hujan sebaiknya Anda berkendara dengan kecepatan 10-20 km per jam dari kecepatan yang dianjurkan.

Musim Hujan Tiba, Pengendara Mobil Wajib Perhatikan Hal ini!.jpg

Waspada pula dengan sekeliling Anda selalu tengok ke spion agar terhindar dari kecelakaan. Jaga jarak pula dengan mobil yang ada di depan dan juga belakang mobil Anda.