Jangan-Nyalakan-Wiper-saat-Kondisi-Kaca-Kering.jpg

Musim Hujan, Pastikan Wiper Mobil Bekerja Maksimal

Kamis, 13 Desember 2018 16:00 | Galih Pratama

Salah satu kompenen kendaraan yang harus mendapatkan perhatian lebih saat musim hujan tiba adalah wiper. Komponen mobil ini punya peranan penting dalam menjaga kenyamanan saat berkendara, khususnya pada saat kondisi cuaca hujan.

Wiper berfungsi menghapus butiran air hujan agar pandangan pengemudi lebih jelas saat berkendara. Untuk menjaga kondisi wiper tetap bekerja maksimal, ada beberapa tips yang perlu diketahui oleh pencinta otomotif. Berikut ulasan tipsnya seperti dilansir dari berbagai sumber.

Karet Wiper

Perhatikan-Kaca-Mobil.jpg

Seperti dilansir dari kompas.com pada Selasa (13/11/2018), hal pertama yang harus diperhatikan adalah karet wiper. Pastikan kemampuan karet wiper mobil Anda dapat menyapu air hujan dari kaca dengan baik. Karet wiper biasanya mampu bertahan selama enam bulan. Lebih dari itu, dipastikan karet wiper akan mengalami penurunan visibilitas. Ini tentunya akan sangat berbahaya bagi pengemudi.

Wiper yang tidak bekerja maksimal bisa ditandai dengan keausan dengan ciri-ciri menimbulkan suara berdecit, dan tidak dapat menyapu air hujan dengan sempurna. Untuk itu, lakukanlah pergantian wiper setiap enam bulan sekali. Tujuannya agar wiper prima saat difungsikan ketika musim hujan.

[Baca Juga: Cara Mudah Merawat Power Window]

Berhati-hati Saat Mencuci Wiper

Saat mencuci mobil, sebagian pencinta otomotif tentu tak akan melewatkan membersihkan wiper. Dilansir dari otospector.com, mencuci wiper ternyata tak bisa lakukan sembarangan. Terutama pada saat membilas bagian karet wiper. Pasalnya, pada permukaan karet wiper terdapat cairan khusus yang berfungsi sebagai pelindung sekaligus pelembap.

Lalu bagaimana cara mencuci wiper yang benar? Jangan bilas karet wiper dengan air sabun cuci mobil. Anda cukup menyiramnya dengan air bersih dan dilap permukaan karetnya. Biarkan air mengering sendiri dengan menggerakkan wiper setelah dicuci.

Poros Wiper

Musim-Hujan-Pastikan-Wiper-Mobil-Bekerja-Maksimal.jpg

Selain bagian karet, poros wiper juga perlu mendapatkan perhatian. Berikan pelumas pada bagian poros wiper secara berkala. Ini dilakukan agar perputaran wiper mobil mampu menyapu air dan kotoran pada kaca mobil saat musim hujan tak mengalami masalah.

Perhatikan Kaca Mobil

Selanjutnya adalah soal kebersihan kaca mobil Anda. Dilansir dari liputan6.com, kebersihan kaca mobil sejatinya harus dijaga. Jika tak terawat, akan berimbas pada kinerja wiper. Kaca yang kotor juga berdampak pada umur karet wiper yang lebih pendek.

[Baca Juga: Cara Mudah Merawat Aki Mobil Tetap Awet]

Jangan Nyalakan Wiper saat Kondisi Kaca Kering

Terakhir, jangan sesekali menyalakan wiper saat kondisi kaca kering. Wiper pada dasarnya berfungsi menepis air atau saat kondisi kaca mobil basah. Sebaliknya jika dioperasikan pada saat kaca mobil kering, ini akan membuat karet wiper cepat rusak.

Sementara bagi Anda yang ingin mengoperasikan wiper saat kondisi kaca kering, sebaiknya terlebih dahulu mengeluarkan cairan wiper. Cairan wiper juga sejatinya harus diisi secara berkala.

Demikian beberapa tips yang bisa lakukan para pencinta otomotif untuk menjaga kondisi wiper saat musim hujan tiba. Selamat mencoba.