Multi Point Injection

Multi Point Injection

Kamis, 31 Januari 2019 20:00 | Galih Pratama

Multi Point Injection adalah sistem penginjeksian bahan bakar (supply bahan bakar) ke dalam ruang bakar mesin yang dikontrol secara elektronik berdasarkan sinyal-sinyal sensor. Dengan begitu, mesin akan mendapatkan supply campuran udara dan bahan bakar sesuai dengan kebutuhan mesin, baik pada saat putaran mesin lambat ataupun cepat.

Multi Point Injection disebut juga port fuel injection (PFI) memiliki sistem kerja dengan menempatkan injektor (komponen yang berfungsi untuk menyemprotkan serta mengubah bahan bakar jadi kabut yang siap diledakkan oleh busi) di atas lubang isap (intake port). Setiap silinder memiliki satu injektor. Jadi, bila mesin terdiri dari empat silinder berarti ada empat injektor yang menyuplai bensin.

Sistem ini menggantikan mesin kendaraan dengan sistem konvensional, yakni karburator. Mesin karburator menyuplai campuran udara dan bahan bakar ke dalam mesin hanya berdasarkan tingkat kevakuman mesin. Sehingga keakuratan dalam supply campuran udara dan bahan bakar pada tiap kondisi kendaraan kurang akurat.

[Baca Juga: Direct Injection]

Pembakaran pada sistem Multi Point Injection diklaim lebih sempurna, karena mesin akan disuplai campuran udara dan bahan bakar yang tepat sesuai dengan kebutuhan mesin. Sementara emisi gas buang pun akan jauh lebih baik dan pemakaian bahan bakar lebih irit dibanding pada sistem karburator.

Referensi : otomotifnet.com