pipa-exhaust.jpg

Muffler

Rabu, 30 Januari 2019 11:00 | Inggil Yustiar

Pengertian

Muffler atau bisa disebut sebagai silencer pada sistem knalpot. Disebut silencer karena muffler sendiri merupakan perangkat untuk mengurangi jumlah suara yang dipancarkan oleh knalpot mesin pembakaran internal. Dari penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa muffler digunakan, untuk meredam suara yang dihasilkan oleh ledakan dalam ruang bakar mesin yang disalurkan melalui pipa exhaust.

Prinsip kerjanya sendiri dengan membalikan dan meredam sebagian dari gelombang suara melalui dinding-dinding muffler, sehingga gelombang tersebut akan saling meredam. Terdapat tiga jenis muffler untuk mendapatkan suara yang berbeda-beda yaitu, chambered (ruang pemisah atau pembatas), straight through, twin pass double tail pipe. Bahan material muffler sendiri terbuat dari bahan metal yang dibentuk sedemikan rupa, tanpa adanya kemampuan untuk menghasilkan gerakan, gesekan maupun getaran.

Dilihat dari bentuknya, muffler yang berbentuk tabung memiliki penemapatan pada bagian ujung knalpot, dimana memiliki fungsi yang sama dengan resonator. Sehingga bisa dibilang bahwa kendala yang terjadi pada bagian ini sama dengan resonator. Pada muffler tabung, terdapat sekat-sekat yang bertujuan untuk membuat back pressure dan meredam suara.

Sedangkan muffler tip juga merupakan komponen saluran yang keluar dari muffler dan tugasnya hanya sebagai pipa pembuang gas. Pada bagian ini biasanya sering diganti oleh pada modifikator untuk memberikan tampilan yang lebih bagus, karena komponen ini dapat terlihat jelas pada mobil.

Muffler.jpg

[Baca Juga: Leaf Spring]